Thursday, April 9, 2020

Modern Monetary Theory


Modern Monetary Theory atau Modern Money Theory (MMT) adalah teori dan praktik makroekonomi heterodoks yang menggambarkan penggunaan praktis mata uang fiat dalam monopoli publik dari otoritas penerbit, biasanya pusat pemerintah bank.

Efek pada pekerjaan digunakan sebagai bukti bahwa perusahaan monopoli mata uang terlalu membatasi pasokan aset keuangan yang diperlukan untuk membayar pajak dan memenuhi keinginan menabung.

MMT adalah evolusi dari chartalism dan kadang-kadang disebut sebagai neo-chartalism. Resep kebijakan ekonomi makronya telah digambarkan sebagai versi teori keuangan fungsional Abba Lerner.

Pendukung MMT berpendapat bahwa pemerintah dapat menggunakan kebijakan fiskal untuk mencapai pekerjaan penuh, menciptakan uang baru untuk mendanai pembelian pemerintah. Menurut para advokat, risiko utama begitu perekonomian mencapai lapangan kerja penuh adalah inflasi, yang dapat diatasi dengan menaikkan dan mengumpulkan pajak dan menerbitkan obligasi untuk mengurangi uang dan perputaran uang dalam sistem.

MMT diperdebatkan, dengan dialog aktif tentang kegunaan teoretisnya, aplikasi praktis dan implikasi praktis dunia nyata yang bermanfaat, bersama dengan beragam efektivitas penggunaannya yang ditargetkan dan berbagai tantangan dari resep kebijakannya.

Beberapa pakar ekonomi tidak sependapat atas usulan Modern Monetary Theory (MMT) untuk menggunakan sebagai underlying dari printing money. Dimana pencetakan uang seharusnya digunakan untuk transaksi, sehingga jika pencetakan uang didasarkan atas cadangan emas maka nilai uangnya tidak cocok dengan kebutuhan ekonomi.

Adalah Mardigu Wowiek, yang terkenal dengan sebutan Bossman Sontoloyo, salah satu pemrakarsa Modern Monetary Theory, yang menyebutkan dalam teori MMT dalam mengurangi ketergantungan terhadap dolar, maka teori ini menginginkan penciptaan mata uang baru yaitu Dinar dengan underlying emas sehingga pada akhirnya mata uang Rupiah punya kekuatan dan stabil. Selain itu langkah ini juga harus didukung dengan kebijakan yang dapat menjamin kekuatan Rupiah lewat peningkatan produktifitas.

Beberapa tahun lalu sudah banyak pakar ekonomi yang memprediksikan akan terjadi resesi ekonomi. Salah satunya Achmad Deni Daruri, President Director Center for Banking Crisis, yang ditulis di media daring investor.id. Tulisan Achmad Deni Daruri, ditulis pada hari Kamis, tanggal 12 September 2019 dengan judul "Sistem Pembayaran dalam Konteks Teori Moneter Modern".

Ringkasan isi tulisan beliau sebagai berikut :

Resesi di dunia diperkirakan akan terjadi pada tahun depan atau paling lambat dua tahun lagi. Diperlukan kerangka kebijakan publik yang mampu mengatasi resesi tersebut. Kerangka tersebut adalah teori moneter modern. Berdasarkan teori moneter modern (MMT), peran sistem pembayaran sangatlah vital. 

Gagasan utama MMT adalah bahwa pemerintah dengan system mata uang fiat dapat dan harus mencetak sebanyak uang yang perlu mereka keluarkan karena mereka tidak dapat bangkrut atau bangkrut kecuali keputusan politik untuk melakukannya diambil. Ini merupakan asumsi dasar dari teori moneter modern, yang pada dasarnya teori ini menekankan kepada kekuatan dari sistem pembayaran untuk membangun perekonomian. Pemikiran tradisional mengatakan, pengeluaran seperti itu secara finansial tidak bertanggung jawab karena utang akan membengkak dan inflasi akan meroket. 

Tetapi, menurut MMT, utang pemerintah yang besar bukanlah jaminan perekonomian akan runtuh. Fakta empiris memperlihatkan bahwa negara-negara seperti Amerika Serikat dapat mempertahankan defisit yang jauh lebih besar tanpa terganggu oleh defisit anggaran pemerintah yang besar. 

Pada kenyataannya, defisit atau surplus anggaran yang kecil justru dapat sangat berbahaya dan menyebabkan resesi karena pengeluaran defisit adalah apa yang dikenal dengan efek pengganda dalam perekonomian. 

Efek pengganda dalam perekonomian akan berjalan mulus jika sistem pembayaran dalam perekonomian juga mulus sehingga kecepatan uang beredar juga akan menjadi maksimum. Ahli teori MMT menjelaskan bahwa utang hanyalah uang yang dimasukkan pemerintah ke dalam perekonomian dan tidak dikenakan pajak. Mereka juga berpendapat bahwa membandingkan anggaran pemerintah dengan anggaran rata-rata rumah tangga adalah sebuah kesalahan. 

Para pendukung teori MMT mengakui bahwa inflasi secara teoritis merupakan hasil yang mungkin dari pengeluaran tersebut. Namun secara empiris, mereka mengatakan itu sangat tidak mungkin, dan dapat dieleminasi dengan keputusan kebijakan moneter yang tepat yang tidak bersifat dovish di masa depan jika diperlukan. Mereka sering mengutip contoh Jepang yang memiliki utang publik, jauh lebih tinggi daripada Amerika Serikat, tetapi tidak mengalami krisis berupa depresi ekonomi. Bahkan perkembangan sistem pembayaran Jepang juga semakin pesat seiring dengan perkembangan teknologi pendukung sistem pembayaran itu sendiri. Menurut MMT, satu-satunya batasan yang dimiliki pemerintah dalam hal pengeluaran adalah ketersediaan sumber daya nyata, seper ti misalnya pekerja, perlengkapan konstruksi, dan tanah. 

Ketika pengeluaran pemerintah terlalu besar terkait dengan sumber daya yang tersedia, inflasi dapat melonjak jika pembuat keputusan tidak cermat. Pajak menciptakan permintaan berkelanjutan untuk mata uang dan merupakan alat untuk mengambil uang dari ekonomi yang menjadi terlalu panas, menurut teori MMT. 

Hal demikian bertentangan dengan gagasan konvensional bahwa pajak terutama dimaksudkan untuk menyediakan uang kepada pemerintah untuk dibelanjakan dalam membangun infrastruktur dan mendanai program kesejahteraan sosial. MMT menyatakan bahwa pemerintah tidak perlu menjual obligasi untuk meminjam uang, karena itu adalah uang yang dapat dibuatnya sendiri. Pemerintah menjual obligasi dalam rangka untuk mengurangi kelebihan cadangan dan mencapai target suku bunga satu malam jangka pendek. Dengan demikian keberadaan obligasi, menurut Mosler yang juga merupakan penemu dari teori MMT, dikatakan sebagai “rekening tabungan di The Fed”, bukan merupakan persyaratan utama bagi pemerintah tetapi pilihan kebijakan. 

Dalam konteks inflasi, system pembayaran bersifat netral. Pengangguran adalah akibat dari hasil dari pengeluaran pemerintah terlalu sedikit secara relatif terhadap pajak, menurut teori ini. Dikatakan juga oleh teori ini bahwa mereka yang mencari pekerjaan dan tidak dapat menemukan pekerjaan di sektor swasta harus diberi upah minimum, pekerjaan transisi yang didanai oleh pemerintah dan dikelola oleh masyarakat setempat. Tenaga kerja ini akan bertindak sebagai cadangan penyangga untuk membantu pemerintah mengendalikan inflasi dalam perekonomian. 

Dalam konteks pasar tenaga kerja, peran dari sistem pembayaran juga bersifat netral. Pandangan ekonom pemenang Hadiah Nobel Paul Krugman tentang utang Amerika Serikat mirip dengan banyak teori MMT, tetapi Krugman sangat menentang teori tersebut. Dalam New York Times op-ed pada 2011, ia memperingatkan publik bahwa penerapan teori ini akan menyebabkan hiperinflasi dan investor menolak untuk membeli obligasi pemerintah Amerika Serikat. 

Krugman mengatakan, “Lakukan perhitungan, dan menjadi jelas bahwa setiap upaya untuk mengekstraksi terlalu banyak dari seigniorage; lebih dari beberapa persen PDB, mengarah ke peningkatan inflasi yang tak terbatas.” Ini tidak akan terjadi, bahkan dengan defisit yang sama, jika pemerintah masih dapat menjual obligasi. Teori ini memberikan ketergantungan yang sangat besar kepada sistem pembayaran khususnya melalui bank komersial. MMT didasarkan pada akun dari “realitas operasional” interaksi antara pemerintah dan bank sentral, dan sektor perbankan komersial. 

Sebagai pendukung, Scott Fullwiler berpendapat bahwa memahami akuntansi cadangan sangat penting untuk memahami opsi kebijakan moneter. Sistem pembayaran dalam teori moneter apapun memang selalu menjadi titik sentral teori-teori tersebut.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Modern_Monetary_Theory
https://investor.id/opinion/sistem-pembayaran-dalam-konteks-teori-moneter-modern
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200102183358-8-127210/pencetakan-uang-didasarkan-atas-cadev-emas-ini-kata-ekonom
https://www.cnbcindonesia.com/market/20200102173054-19-127190/pemrakarsa-mmt-usul-dedolarisasi-ini-penjelasannya

Sumber foto :
https://www.realprogressivesusa.com/news/economic-issues/2017-01-26-what-if-the-government-prints-money-to-pay-the-national-debt

No comments:

Post a Comment

Related Posts