Saturday, September 11, 2021

9/11

Kebetulan sekali, hari ini merupakan tepat 20 tahun dari peristiwa 9/11, yaitu peristiwa yang tidak hanya merubah muka dari Amerika Serikat tapi juga menjadi sejarah bagi seluruh dunia. Peristiwa 9/11 atau Serangan 11 September adalah serangkaian 4 serangan yang terkoordinasi terhadap Amerika Serikat di pagi hari Selasa, 11 September 2001.

Terdapat 4 pesawat komersial yang melakukan perjalanan dari timur laut Amerika Serikat ke California dibajak di tengah penerbangan, dengan tujuan eksplisit menabrakkan setiap pesawat ke sebuah gedung Amerika terkemuka.

Pesawat pertama yaitu American Airlines Flight 11 diterbangkan ke North Tower dari World Trade Center pada pukul 8:46 pagi, 17 menit kemudian pada 09:03, South Tower ditabrak oleh United Airlines Flight 175. Lalu kedua menara tersebut runtuh dalam waktu 1 jam 42  menit.

Penerbangan ketiga, yaitu American Airlines Flight 77 diterbangkan dari Bandara Internasional Dulles, dibajak di Ohio, pada pukul 09:37 menabrak sisi barat Pentagon di Arlington County, Virginia, hingga  menyebabkan runtuhnya sebagian sisi bangunan. 

Dan penerbangan keempat, United Airlines Flight 93 diterbangkan ke arah Washington, D.C dengan target Gedung Putih atau Capitol AS namun kemudian jatuh ke lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania pada 10:03.

Namun ada 1 sejarah pribadi juga yang akan tertulis, hari ini, yaitu Sabtu tanggal 11 September 2021, insyaAllah saya dan beserta rekan SGN akan menulis sebuah buku mengenai Circular Economy : Sebuah Pengantar.

InsyaAllah.

Ada 2 petuah dari penulis terkenal buat kita para penulis pemula, yaitu sebuah obyek bisa diceritakan dari banyak sudut pandang tergantung dari kacamata penulis. Dan waktu yang terbaik menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu, dan waktu terbaik kedua adalah hari ini.

Sebagai sebuah ikhtiar bahwa membaca untuk mengetahui masa lalu dan menulis untuk memberi tahu masa depan. Semoga tidak hanya menjadi buku yang menghibur dan menemani tapi juga yang bermanfaat dan juga memberi inspirasi.

Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Related Posts