Thursday, September 9, 2021

Ban Sepeda Balap Bocor Halus

Ban dalam sepeda Road Bike yang aku pakai biasanya tiba-tiba kempes. Ada kemungkinan karena bocor halus. Kejadian bocor halus tidak mudah dideteksi tapi tiba-tiba menyebabkan ban kempes begitu saja. Saat ban mengalami bocor halus, tekanan angin memang akan berkurang sedikit demi sedikit. 


Salah satu penyebabnya adalah karena ada kebocoran pada pentil ban atau nipple. Penyebab yang lain adalah karena velg casting wheels terkena hantaman yang cukup keras karena jalanan yang rusak atau jalanan yang berlubang. 

Atau masih karena jalan yang terdapat bebatuan kecil yang bentuknya tajam seperti kerikil atau juga serpihan beling bisa menyelip di alur ban. Jika sering melewati jalanan yang tidak rata atau berkerikil, hal ini dapat menyebabkan terjadinya bocor halus, apalagi jika kita melewati jalanan tersebut dengan kecepatan yang cukup tinggi. 

Hal ini pernah terjadi yaitu saat gowes bareng ke Bukit Kapur Suci.

Usia ban yang tua juga dapat menjadi faktor penyebab bocor halus karena permukaannya yang sudah mulai menipis akibat gesekan dengan aspal. Atau juga karena ban sudah terlihat aus atau gundul.

No comments:

Post a Comment

Related Posts