Thursday, October 29, 2020

Bukit Kapur Suci

Kondisi alam Gresik memang cukup banyak dengan wilayah yang gersang di mana di antara pemukiman warga banyak kita temukan bukit-bukit kapur, salah satunya adalah bukit kapur Suci terletak di Desa Suci, Manyar-Gresik. 

Lokasi bukit kapur Suci ini memang berada di Desa Suci, Manyar -- Gresik. Dari pusat Kota Gresik juga tak terlalu jauh. Hanya beberapa ratus meter arah barat dari kompleks perumahan Gresik Kota Baru, juga dekat dengan Perumahan Gresik Kota Batu dan kawasan industri PT Petrokimia.

Bukit Kapur Suci merupakan tempat bekas penambangan batu kapur yang menyisakan dinding-dinding putih di sekelilingnya. Tempat wisata tersebut ternyata masih dijadikan kawasan penambangan kapur. Sejak zaman kolonial Belanda sampai sekarang. 



Bukit-bukit kapur itu menjadi sumber daya alam yang luar biasa besarnya bagi industri pembuatan semen.

Hari libur kali ini, yaitu hari Kamis tanggal 29 Oktoberi 2020 aku sempatkan pagi hari untuk gowes ke Bukit Kapur Suci. Pastikan kondisi sepeda dalam kondisi baik, terutama ban. Dan sebisa mungkin gunakan sepeda dengan jenis MTB (Mountain Bike) atau sepeda gunung.

Setelah dari jalur gunung tersebut kita melewati area yang penuh dengan pohon layaknya hutan. Lalu kita melewati jalan aspal lalu menuju pantai. Gowes di Gresik memang paket komplit. Tidak hanya gunung, hutan dan pantai, namun kita juga bisa berfoto ria di kota tua sekitar alun-alun kota Gresik.

Setelah puas berkeliling, kita bisa berkuliner ria. Kita sarapan rawon Pak DI yang konon sudah berdiri sejak tahun 1955. Depot rawon Pak Di terletak di jalan Gubernur Suryo no 100 Tlogopojok, Gresik yang sudah buka setiap hari dari pukul lima pagi sampai pukul dua siang.

Apalagi nasi rawon tambah tempe goreng. Super mantap. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu satu porsi Rawon, dua Tempe Goreng, plus Teh Anget hanya Rp 22.000

No comments:

Post a Comment

Related Posts