Thursday, October 8, 2020

Framing

Dalam fotografi, agar dapat menghasilkan foto atau video yang berkualitas, salah satu teknik yang harus dikuasai adalah teknik framing videografi, yaitu teknik yang mengharuskan videografer mengambil gambar dengan menentukan ukuran gambar sesuai kebutuhan video/ film yang digarap. 

Tidak hanya foto, berita juga mengenai istilah framing.

Framing adalah pendekatan untuk melihat bagaimana realitas itu dibentuk dan dikonstruksi oleh media. Tujuannya adalah untuk menonjolkan aspek tertentu dari realitas oleh media dengan menempatkan informasi-informasi dalam konteks yang khas sehingga isu tertentu mendapatkan alokasi lebih besar dari isu yang lain.

Dengan framing maka sebuah peristiwa akan dibingkai untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan wartawan atau media massa ketika menyeleksi isu dan menulis berita.

Sehingga framing menjadi sebuah metode penyajian realitas di mana kebenaran tentang suatu kejadian tidak diingkari secara total, melainkan dibelokkan secara halus, dengan memberikan penonjolan pada aspek tertentu.

Penonjolan aspek-aspek tertentu dari isu berkaitan dengan penulisan fakta. Ketika aspek tertentu dari suatu peristiwa dipilih, bagaimana aspek tersebut ditulis. Hal ini sangat berkaitan dengan pamakaian diksi atau kata, kalimat, gambar atau foto, dan citra tertentu untuk ditampilkan kepada khalayak.


Sumber :

https://infotografi.com/camera-framing-videografi/

https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-pembingkaian-berita-atau-framing/14934/2

https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_framing

No comments:

Post a Comment

Related Posts