Saturday, October 3, 2020

Belajar dari Kesalahan

LEARN FROM MISTAKE

Jangan pernah menjadikan kesalahan sebagai beban. Tapi jadikan kesalahan sebagai batu pijakan untuk naik level dan menjadi sukses. Kesalahan merupakan langkah penting dalam belajar, tumbuh, dan memperbaiki diri. 

Tidak cukup hanya dengan rela menempatkan diri dalam situasi kesalahan tersebut, namun memiliki kepercayaan diri untuk mengakui kesalahan, ambil tanggung jawab lalu lakukan perubahan.

Luangkan waktu untuk merenung dan mereview kesalahan tersebut. Dengan begitu maka pertumbuhan dimulai saat kita melihat ruang untuk perbaikan

Terakhir fokus pada gambar besar kita sebagai tujuan besar kita.


JANGAN BERPIKIR BURUK

Jika pada akhirnya hal yang kita lakukan tidak berjalan mulus, gunakan hal tersebut sebagai hal untuk belajar. Saat melakukan kesalahan kita merasa bodoh dan tak mampu, jangan sampai pikiran ini kita piara, sebab hanya akan membuat kita terus merasa tak mampu. 

Sehingga kita akan terus gugup setiap melakukan sesuatu dan tanpa sadar kembali mengulangi kesalahan yang sama. Jadi, hilangkan pikiran buruk tentang diri kita sendiri. Singkirkan pikiran kita yang merasa tak kompeten, tidak bisa, mustahil menguasainya apalagi frustasi. 

Hambatan akan selalu ada. 

Tetap tenang dan terus berusaha memperbaiki diri.


FILOSOFI POHON (UJIAN)

"Semakin tinggi pohon, semakin lebat buahnya dan semakin kencang angin menerpanya"

Semakin kita berada di posisi diatas seperti kaya, pandai, tampan, maka akan ada ujian yang lebih berat yang harus kita hadapi. Namun dalam menghadapinya kita jangan berputus asa, kita harus memiliki kesabaran.

Kembalilah pada fokus dijalan kesuksesan kita, fokus ke dalam diri kita, fokus ke kemampuan kita.

Agar bisa fokus, ingatlah bahwa jejak kehidupan baik jejak di dunia nyata dan jejak digital di dunia maya akan dipertaruhkan demi nama baik kita, nama baik orang tua, nama baik keluarga, nama baik agama, dan nama baik bangsa. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts