Wednesday, November 25, 2015

Cara Memompa Ban Sepeda Balap

Sejak tidak lagi bermain futsal karena sudah gantung sepatu, aku punya 2 hobi olahraga baru, yaitu lari dan bersepeda. Pilihan olahraga dua-duanya aku jalani secara bergantian tergantung suasana hati saat itu dan tergantung kondisi cuaca pagi hari.

Untuk olahraga lari sudah aku bahas di artikel sebelumnya.

Sedangkan untuk bersepeda tidak hanya rute dan teknis bersepeda saja yang harus kita tahu. Tapi kita juga perlu tahu cara merawat sepeda sebagai perlengkapan utamanya. Memang tidak sudah dan tidak rumit, tapi ini merupakan hal basic.

Perawatan yang perlu kita pahami adalah cara memompa dan cara mengganti ban dalam sepeda angin tersebut. Caranya cukup mudah, sehingga tidak perlu ke tukang tambal ban segala.

Terdapat 2 macam pentil ban dalam sepeda yaitu pentil Presta (ukuran kepala kecil) dan pentil Scharder (ukuran kepala besar). Pentil versi Presta lebih banyak digunakan di Eropa yang dirancang khusus untuk ban sepeda, sedangkan tipe Schrader disebut juga ANSI mengikuti standar Amerika.

Karena pentil sepeda tersebut berbeda maka terdapat tip dan trik ketika memompa ban sepeda. Terutama untuk jenis pentil Presta, karena salah-salah nanti angin dari pompa tidak bisa masuk ke ban, sehingga kita perlu tahu teknik khusus untuk memompa ban dengan pentil kecil, serta cara pemasangan adaptor untuk pentil kecil.

1. Buka penutup pentil

2. Putar baut pentil yang atas

3. Pastikan baut sudah berada di posisi atas

Ada 3 langkah yang perlu dilakukan saat akan memompa ban sepeda balap atau sepeda dengan pentil kecil, yaitu.

1. Buka penutup pentil
2. Putar baut pentil yang atas
3. Pastikan baut sudah berada di posisi atas


Sumber :
http://www.goesbike.com/articles/573/1/Perbedaan-pentil-ban-sepeda-Presta-dan-Schrader.html#.VlTs1r9wvIV