Tuesday, November 24, 2015

Mirroring


Mirroring disini bukan teknik dalam back-up database namun lebih kepada teknik dalam mempermudah seseorang mencapai persetujuan dalam hal mencapai kesepakatan terhadap orang lain untuk tujuan positif.

Mirroring pertama adalah dengan meniru bahasa tubuh orang lain saat ia bercakap-cakap dengan kita. Misalnya gerakan tangan, posisi duduk, dan istilah-istilah tertentu yang ia gunakan untuk menyebut sesuatu. Studi menunjukkan  bahwa orang yang menghadapi orang lain dengan bahasa tubuh yang sama cenderung lebih terbuka, percaya, dan lebih mudah untuk menyetujui orang yang meniru bahasa tubuhnya. 

Mirroring kedua adalah dengan menganggukkan kepala ketika mendengarkan orang lain berbicara.  Anggukan kepala yang dilakukan dengan tepat bisa memperkuat kesan "persetujuan". Orang lain tersebut akan akan merasa kita setuju terhadap yang orang lain katakan, dan ketika melihat anda menganggukkan kepala cukup sering, maka secara tidak sadar ia akan mulai menganggukkan kepala juga saat bercakap-cakap.

Sehingga lama-kelamaan hal ini akan menimbulkan sinkronisasi dan mirroring bahasa tubuh seperti yang sudah dijelaskan di atas.  Hasilnya, secara tidak sadar lawan bicara anda akan lebih percaya terhadap apa yang anda katakan.


Sumber :
http://www.top10indo.com/2013/05/10-cara-mempengaruhi-orang-lain.html