Wednesday, October 7, 2020

Omnibus

Blaise Pascal adalah orang pertama yang mengusulkan gagasan sistem transportasi umum dengan meluncurkan beberapa rute kereta kuda di Paris pada tahun 1662, yang diberi nama “Carosses à Cinq Sous,” atau “Five-Penny Coaches,”. Sayangnya hanya dalam waktu sekitar 10 tahun hype lalu benar-benar mati.


Lalu pada tahun 1820-an, dirintis kembali angkutan umum meskipun masih dalam bentuk sederhana dari kereta kuda. Tepatnya tahun 1826, di Prancis, Omnibus menjadi inovasi darat pertama dalam transportasi umum. Omnibus adalah gerbong penumpang yang ditarik oleh kuda yang ditarik oleh satu hingga tiga ekor kuda, tergantung ukurannya. Model terbesar menampung hingga 42 penumpang, dan beberapa bahkan menampilkan dua lantai dengan atap terbuka!

Gagasan tersebut bahkan berhasil menyeberang ke New York City. Di Amerika Serikat, omnibus pertama beroperasi di perlintasan jalan Broadway di kota New York pada 1827. Pada tahun 1828 mereka telah membuat jalur omnibus mereka sendiri pada tahun 1828. Lalu menular ke banyak kota di AS dan Eropa mengikutinya.

Seseorang bernama Abraham Brower, merupakan pemilik pertama bisnis tersebut.Kemajuan paling penting pada omnibus adalah mobil jalanan. Mobil jalanan pertama ditarik kuda. Yang membedakan adalah keberadaan rel baja yang diletakkan di tengah jalan. Roda-roda mobil jalanan juga terbuat dari baja, yang dibuat sedemikian rupa agar tidak merusak rel. Mobil jalanan pertama beroperasi di Jalan Browery, New York. 

Dimiliki John Manson dan dibuat oleh seorang keturunan Irlandia bernama John Stephenson.Ada beberapa indikasi lain yang menunjukan bahwa bus pertama telah ada ada sejak 1662. 

Sistem omnibus baru ini bukannya tanpa kelemahan. Orang-orang pada umumnya menganggap transportasi umum sebagai hal yang baik, tetapi naik transportasi umum tersebut bukanlah pengalaman yang nyaman. Jalan berbatu dibuat untuk perjalanan yang bergelombang, yang semakin ditekankan oleh kurangnya bantalan pada jok. Ditambah lagi, dengan harga 12 sen per tumpangan, omnibus tersebut masih terbilang terlalu mahal bagi banyak warga perkotaan.

Namun seiring berjalannya waktu, sistem tersebut menemukan audiens kelas menengah yang tidak mampu membeli kereta pos pribadi tetapi bersedia membayar untuk menghindari berjalan kaki. Audiens ini membantu omnibus bertahan cukup lama untuk mulai melihat beberapa peningkatan.

Kemudian hari berkembang dari horsecars sederhana ke kereta gantung, jalur kereta api, dan akhirnya, bus modern.

Kata bus yang kita gunakan saat ini pun berasal dari kata omnibus. Bus ini berkembang dengan varian yang cukup banyak, mulai dari multibus, motorbus, dan otobus. 


Sumber :

https://gogocharters.com/blog/history-of-public-bus-transportation/

https://id.wikipedia.org/wiki/Bus

https://www.disway.id/r/767/terminal-omni

https://www.facebook.com/201228166748770/posts/sejarah-perkembangan-bussorry_kpanjangananda-pastilah-akrab-dengan-transportasi-/206186119586308/

No comments:

Post a Comment

Related Posts