Monday, October 12, 2020

Jumlah Warna dalam Lemari

Ada cukup banyak nama dan jenis warna, setidaknya ada 100 Jenis Warna. Berbagai jenis ragam warna tersebut dapat mewakili kepribadian dan kharakteristik orang yang memakai dan mengenakannya.

Tidak sembarangan memakai warna dan mengkombinasikan warna. Ada color theory yang harus dipelajari dan diaplikasikan agar hasil kombinasi warna yang digunakan menjadi menarik dan attraktif.

Warna juga mempunyai sudut pandang yang berbeda bagi pria dan wanita. Hal ini dikarenakan pria merupakan makhluk yang simple dengan melihat warna secara garis besarnya saja, berbeda dengan wanita.

Perempuan cenderung makhluk yang sangat perfectionist, belajar secara detail mungkin menjadi kepuasan tersediri dalam hidupnya.

Sehingga tidak heran, dalam lemari baju, pria hanya memiliki 3 warna saja untuk pakaiannya. Tapi wanita akan mempunyai warna yang lengkap sesuai dengan warna pelangi, mulai dari merah jingga kuning hijau biru nila ungu.

Ketika wanita melihat warna lime, menurut pria itu adalah hijau. Ketika wanita melihat warna magenta, lagi-lagi menurut pria, itu termasuk ke dalam warna pink. 

Fenomena ini menurut peneliti Israel Abramov, behavioral neuroscientist dari Brooklyn College, hal ini merupakan fenomena yang normal. Wanita memang lebih sensitif dibandingkan pria dalam hal membedakan warna, walaupun perbedaan tersebut hanya tipis. 

Pria membutuhkan sedikit gelombang cahaya yang lebih panjang untuk dapat melihat perbedaan warna seperti yang dilihat oleh wanita. 

Jadi, ketika wanita melihat warna yang cenderung ke oranye, pria akan melihat warna tersebut cenderung ke warna kuning. Namun, ketika ada bar yang berkedip dengan cepat, ternyata pria lebih baik dalam melihat pergerakan tersebut. Hal ini membuktikan bahwa pria lebih sensitif terhadap detail mengenai pergerakan yang cepat dibandingkan wanita.


Sumber :

https://itp.psikologi.ui.ac.id/2017/07/18/pria-dan-wanita-melihat-warna-yang-berbeda/

No comments:

Post a Comment

Related Posts