Tuesday, October 20, 2020

Nusantara

Nusantara terdiri dari 2 kata, yaitu nusa dan antara, “nusa” adalah “pulau-pulau atau daerah”, sedangkan “antara” adalah “yang lain.” Dari sisi linguistik, dalam bahasa Sanksekerta Nusa bermakna Pulau dan antara dimaknai sebagai penghubung, artinya Nusantara pada dasarnya bermakna kumpulan gugusan kepulauan yang dalam bahasa Inggris disebut Archipelago. 

Jadi, Nusantara merujuk pada satu wilayah kedaulatan negara yang terdiri dari gugusan pulau yang kini dikenal dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada tahun 1275, Kertanegara, raja Singhasari, mengenalkan konsep Cakrawala Mandala Dwipantara, dimana dwipantara adalah kata dalam bahasa Sanskerta untuk "kepulauan antara". Konsep ini muncul karena Kertanegara memiliki wawasan suatu persatuan kerajaan-kerajaan Asia Tenggara di bawah kewibawaan Singhasari dalam menghadapi kemungkinan ancaman serangan Mongol yang membangun Dinasti Yuan di Tiongkok.

Pada tahun 1336, Gajah Mada menyatakan dalam Sumpah Palapa yang diukir dalam Kitab Negarakertagama : Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukita palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah Nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa.

Terjemahannya adalah: "Dia Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan pulau-pulau lain, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".

Pada awal abad ke-20, istilah nusantara ini dihidupkan kembali oleh Ki Hajar Dewantara sebagai nama alternatif untuk negara merdeka pelanjut Nederlandsch Oost-Indie atau Hindia Belanda yang belum terwujud. Istilah lainnya adalah "Indonesië" (Indonesia) dan "Insulinde" (berarti "Hindia Kepulauan") yang kemudian hari dipilih nama "Indonesia". 


Previous : Ganesha


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Nusantara

No comments:

Post a Comment

Related Posts