Sunday, April 23, 2017

Pisau Rambo

Pisau pertama yang paling mengena dibenakku adalah pisau yang digunakan oleh Rambo dalam film First Blood yang melegenda dan yang begitu ikonik. Pisau ini termasuk pisau survival atau pisau bertahan hidup yang dirancang, didesain dan dibuat oleh Jimmy Lile, seorang knifesmith dari Arkansas.

Pisau tersebut disebut dengan Lile First Blood Knife. Dan kemudian pisau legendaris tersebut dibuat lagi dengan nama Lile "Next Generation" Lile Knives. Pisau ini mempunyai 14 pisau gigi dan terbuat dari baja 1/4 "440-C atau baja CMP 154CM opsional.

Pisau Rambo ini didasarkan pada desain pisau survival era Vietnam yang dibawa oleh pilot, yaitu Randall 18, yang digunakan sebagai alat bertahan kecil di pegangan.

Pisau survival adalah pisau yang dibuat untuk tujuan bertahan hidup di hutan belantara, dalam situasi darurat. Pisau ini dapat digunakan untuk memotong, menguliti kayu dan perlindungan diri. Pisau ini harus memiliki ketajaman. Pisau tersebut juga cenderung mempunyai pisau pendek dan tipis, memiliki ketajaman tinggi, dan bukan berjenis pisau lipat karena pisau lipat rata-rata tidak memiliki ketajaman yang tahan lama setelah digunakan untuk memotong akar atau memotong kayu bakar ataupun mencongkel kerang.

Pisau survival juga harus mempunyai desain tang penuh, yang berarti bahwa baja pisau yang terus hingga ke ujung pegangan. Gagang pisau survival mempunyai ukuran yang nyaman dan pas dengan tangan Anda, dan dirancang agar mudah untuk menjaga pegangan anda sehingga tidak licin dan tidak tergelincir.

Pisau survival di desain lebih tebal dibandingkan dengan pisau pada umumnya. Untuk panjang yaitu empat sampai enam inci. Pisau survival terbuat dari baja sehingga tidak terlalu keras ataupun mudah menjadi rapuh, tidak sulit untuk mempertajam di lapangan.


Sumber :
http://www.jimmylile.com/
http://rambo.wikia.com/wiki/First_Blood_Survival_Knife
http://arilpolip.blogspot.co.id/2016/05/pisau-survival-rambo-knives-pisau.html
http://www.pisaukomando.com/jual-pisau-survival-terbaik.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Pisau_survival