Wednesday, April 19, 2017

Pemain Jadi Kiper

Aksi Spektakuler Pemain Jadi Kiper Dadakan


Cosmin Moti
Agustus 2014,  Ludogrets Razgard vs Steaue Bucaresti. Cosmin Moti adalah bek tengah dari klub Ludogrets Razgard yang menjadi pahlawan karena mampu mengantarkan Ludogrets Razgard untuk pertama kali dalam sejarah tampil di pentas Liga Champions. Pada pertandingan tersebut Cosmin Moti terpaksa menjadi kiper dan melakoni babak adu penalti. Dua tendangan dari pemain Steaue Bucaresti berhasil ditepis bahkan Cosmin Moti sukses mengambil sebuah eksekusi.

Rodrigo Palacio
Desember 2012, Inter Milan melawan Hellas Verona, di laga babak 16 besar Coppa Italia. Inter sudah melakukan 3 kali pergantian pemain saat kehilangan Luca Castelazzi di menit 75 karena mengalami cedera bahu usai menepis sepakan pemain Verona. Sehingga Palacio ditunjuk oleh Andrea Stramaccioni jadi kiper dadakan. Palacio berhasil menyelamatkan dua peluang dari tim tamu termasuk menepis sundulan Alessandro Carrozza di masa injury time. Inter akhirnya melaju ke babak perempatfinal usai menang 2-0

John O'Shea
Februari 2007, Manchester United melawan Tottenham Hotspur, O'Shea dipasang menjadi kiper sejak menit 55 menggantikan Edwin van der Sar yang mengalami patah hidung, sedangkan tim sudah melakukan tiga pergantian. Penampilannya lumayan, khususnya ketika menggagalkan upaya Robbie Keane yang sudah berhadapan satu lawan satu dengannya di depan gawang.

Rio Ferdinand
Tahun 2007, Manchester United menghadapi Portsmouth di pertandingan Piala FA. Tomasz Kuszczak, kiper MU terkena kartu merah di menit ke-76, dan jatah pergantian pemain MU sudah habis. Sehingga Rio Ferdinand ditunjuk menjadi kiper dan langsung berhadapan dengan Sulley Muntari yang siap mengeksekusi penalti. Akibatnya MU kalah 0-1 dan  terlempar dari babak perempat final Piala FA. 

John Terry 
Tahun 2006, Chelsea melawan Reading. Kiper nomor 1 Chelsea, Petr Cech cedera ketika pertandingan baru berjalan beberapa menit karena diterjang penyerang Reading, Stephen Hunt. Kiper nomor 2 Chelsea, Carlo Cudicini setelah bermain kemudian juga harus ditarik keluar lapangan akibat cedera. Akibat kehabisan jatah pergantian pemain, Jose Mourinho, menunjuk John Terry menjadi kiper dadakan. Skor akhir 1-0 pun mampu dipertahankan Chelsea hingga laga usai.

Phil Jagielka
Desember 2006, Sheffield United menghadapi Arsenal, Jagielka dipaksa menjadi kiper menggantikan Pady Kenny yang dibekap cedera sedangkan jatah pergantian pemain dialokasikan buat penyerang untuk menambah daya gempur lini depan. Jagielka beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang serta membawa Sheffield menang 1-0. Bahkan Jagielka kembali menjadi penjaga gawang di pertandingan melawan Crystal Palace, Millwall dan Plymouth.

Mladen Petric
November 2006, Basel FC melawan Nancy di babak penyisihan grup Piala UEFA. Saat injury time kiper Franco Costanzo melanggar pemain lawan di kotak terlarang, sehingga mendapat kartu merah dan Basel diganjar tendangan penalti. Pelatih Basel tidak memasukkan kiper pengganti, namun malah menunjuk Mladen Petric (top scorer Liga Swiss) untuk menjadi kiper. Hebatnya, Mladen Petric mampu menepis tembakan penalti Mickael Chreiten dan mempertahankan hasil imbang 2-2.

Jan Koller
November 2002, Borussia Dortmund melawan Bayern Munich tampil dengan 9 pemain sejak awal babak kedua, hal tersebut terjadi setelah kiper Jens Lehmann diusir keluar lapangan dan tim telah menggunakan seluruh jatah pergantian pemain. Pemain depan Jan Koller menjadi kiper dan aksi Koller di bawah mistar dapat menghindarkan gawang tim kebobolan lebih banyak, meskipun pada akhinya Dortmund tetap kalah 1-2.

Francisco Javier Farinos
Tahun 2002, Inter Milan melawan Valencia dalam pertandingan Piala UEFA. Francesco Toldo, kiper Inter Milan diganjar kartu merah sehingga Farinos ditugasi menjadi kiper dadakan. Farinos berhasil menahan dua peluang dari pemain Valencia. Inter pun berhasil mengalahkan Valencia dengan skor tipis 1-0.

Michael Tarnat
September 1999, Bayern Munich tertinggal 0-1 lawan Eintracht Frankfurt. Di babak pertama Munich kehilangan dua kipernya sekaligus kerena cedera. Michael Tarnat, pemain bek kiri terpaksa berdiri di bawah mistar. Hebatnya Bayern mampu bangkit dan balik unggul 2-1. Bahkan Tarnat mampu melakukan penyelamatan gemilang saat bola liar nyaris masuk ke dalam gawangnya.


Sumber :
http://www.viva.co.id/bola/read/535578-7-aksi-spektakuler-pemain-jadi-kiper-dadakan
http://bola.liputan6.com/read/2130890/5-pemain-yang-pernah-jadi-kiper-dadakan
https://www.facebook.com/NewsFootballUniverse/posts/339313149515634
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-italia/2121958/tampil-oke-jadi-kiper-dadakan-palacio-dipuji-stramaccioni
http://www.tribunnews.com/superball/2014/08/28/jadi-kiper-dadakan-di-adu-penalti-bek-ini-antar-ludogorets-ke-fase-grup-liga-champions

No comments:

Post a Comment

Related Posts