Sunday, April 16, 2017

The Curious Case of Benjamin Button

“You never know what’s coming for you”
Menjelang pertandingan super big match antara Manchester United vs Chelsea, dalam 2 hari di koran yang berbeda secara dominan lebih membahas performa Zlatan Ibrahimovic yang penuh anomali, dimana di usianya yang menginjak kepala 35 tahun, namun masih moncer dalam mencetak goal.

Hingga diibaratkan Zlatan Ibrahimovic seperti sosok Benjamin Button dalam film The Curious Case of Benjamin Button. Hingga penasaran akhirnya aku mencari film The Curious Case of Benjamin Button tersebut di Hooq.


The Curious Case of Benjamin Button dirilis tahun 2008 yang diperankan oleh aktor berbakat Brad Pitt sebagai Benjamin Button . Dimana film The Curious Case of Benjamin Button menceritakan seseorang yang lahir sebagai bayi dengan mempunyai wajah seperti orang tua namun seiring bergulirnya waktu menjadi semakin muda.

Benjamin Button menderita kelainan aneh, yaitu penuaan mundur. Benjamin lahir dengan wajah dan penampilan tua renta, tumbuh sebagai balita berpenampilan kakek-kakek, namun seiring bertambahnya usianya, penampilannya justru kian memuda.

Cerita dalam dilm dibuat flashback, dimulai tahun 2005, Daisy yang sudah tua renta ditemani anaknya Caroline membaca buku harian dari Benjamin Button. Kemudian dalam kita dibawa kembali pada tahun 1918 saat Perang Dunia pertama. Tahun 1930 fisik Benjamin seperti umur 70 tahun-an, bertemu dengan Daisy.

Saat Benjamin Button berumur 17 tahun, Benjamin bekerja pada sebuah kapal penarik di dermaga New Orleans bersama Kapten Kapal Mike dan bertualang berkeliling Amerika.

Tahun 1941, saat hari serangan Pearl Harbor, Benjamin dan Kapten Mike beserta awak kapal berangkat Perang Dunia II. Kapten kapal dan beserta awak lainnya tewas tertembak oleh kapal selam milik Jerman di Samudera Atlantik, sedangkan Benjamin diselamatkan oleh tentara Laut Amerika Serikat.

Kapten Mike yang sekarat justru tertawa sebelum meninggal dan mengatakan kalau tembakan yang mengenainya merusak keindahan tattonya. Dalam hal ini Benjamin melihat kematian dengan cara yang berbeda yang berbeda dengan kejadian sebelumnya di Panti Jompo.

Tahun 1945, Benjamin kembali dan bertemu dengan Thomas Button yang tak lain adalah ayah kandungnya dan berniat memberikan seluruh aset kekayaannya ke Benjamin, sehingga seketika Benjamin berubah menjadi orang kaya.

Sedangkan Daisy menjadi penari sukses di New York City, namun nahas Daisy mengalami kecelakaan di Paris, sehingga karir tari balet berhenti total karena kakinya patah. Tahun 1962, Benjamin kembali ke New Orleans dan bertemu dengan Daisy lagi. Mereka jatuh cinta kembali karena posisi mereka menjadi seumuran. Kemudian mereka mempunyai bayi perempuan, bernama Caroline.

Benjamin merasa pesimis dan karena terus menjadi lebih muda sehingga memutuskan meninggalkan Daisy dan meninggalkan harta benda dan aset untuk Daisy dan Caroline. Benjamin yang menjadi lebih muda dan melakukan perjalanan ke berbagai negara di seluruh dunia.

Pada tahun 1980, dia kembali sekali lagi, seperti umur 25 tahun dia bertemu lagi di Daisy studio tari. Pada saat itu Daisy telah menikah dengan seorang duda dan saat itu Caroline berumur 12 tahun. Benjamin terus tumbuh sampai muda dan ke tahap proses remaja. Saat Daisy pindah ke panti jompo Benjamin menjadi seperti umur 8 tahun. Pada tahun 2003, Benjamin yang berubah menjadi seorang bayi meninggal di pelukan Daisy.

Lalu bagaimana di dunia nyata? Apakah benar ada kasus seperi dalam film The Curious Case of Benjamin Buttons?

Kasus serupa terjadi di Inggris terhadap kakak beradik Clark yang diasuh oleh kedua orangtuanya Tony dan Christine. Secara fisik Matthew dan Michael Clark sudah berusia 39 dan 42 tahun. Namun perilaku keduanya ternyata masih seperti anak-anak tujuh tahun. 

Michael dan Matthew didiagnosis mengalami leukodystrophy, salah satu dari kelompok gangguan genetik yang sangat langka yang menyerang Myelin, atau materi putih, dalam sistem saraf, sumsum tulang belakang, dan otak. Tidak hanya mengikis kemampuan fisik mereka, namun juga emosional dan mental mereka. 


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/The_Curious_Case_of_Benjamin_Button_(film)
https://www.setangkai.com/2016/02/17/fakta-unik-tentang-the-curious-case-of-benjamin-button-2008/
http://abijama.blogspot.co.id/2012/09/analisis-film-corious-case-of-benjamin.html
http://sp.beritasatu.com/home/ternyata-kisah-seperti-di-film-benjamin-buttons-benar-benar-ada/27411