Monday, April 24, 2017

Pedang Katana


Di Indonesia pedang Katana disebut dengan pedang samurai. Pedang Katana merupakan pedang panjang Jepang dengan satu mata, melengkung digunakan oleh samurai Jepang mempunyai panjang bilah sekitar 60–73 cm. Pedang ini dipakai untuk pertempuran terbuka, yaitu untuk memotong dan diutamakan dipakai dengan dua pegangan tangan.

Sebagai pasangan Katana terdapat pedang samurai yang lebih pendek yang disebut dengan wakizashi atau shōtō. yang digunakan sebagai senjata sampingan, untuk menikam dan untuk pertempuran jarak dekat.

Konon sejarah pedang Jepang berawal 2.000 tahun lalu yang berjenis atau disebut dengan Ken atau Tsurugi bermata dua, yaitu pedang yang biasanya lurus dengan pisau di kedua sisi yang didapat dari pengrajin pedang Cina dan Korea.

Kemudian pedang tersebut berkembang menjadi pedang bermata tunggal yang disebut Tachi. Lalu Tachi berkembang menjadi Katana selama pertengahan abad ke-10, karena penunggang kuda Jepang memerlukan senjata yang cocok untuk serangan kejutan.

Pedang Katana sangat kuat dan tidak mudah patah yang mempunyai fungsi menebas dan menembus musuh yang menggunakan baju armor serta pedang tidak stuck di tempat.

Pedang samurai ada beberapa yang lain selain pedang Katana, yaitu :

  1. Nagamaki
  2. Nodachi dan Odachi
  3. Ninjato
  4. Katana
  5. Tachi
  6. Wakizashi
  7. Kodachi
  8. Hachiwara
  9. Naginata
  10. Yari
  11. Tanto
  12. Tsurugi
  13. Chokuto

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Katana
http://www.katanapedang.com/blog/sejarah-pedang-katana-samurai
http://www.boombastis.com/fakta-unik-katana/47103
http://peralatanbeladiri.com/blog/pedang-katana-jepang-dan-jenis-jenisnya
http://wowasiknya.com/jenis-pedang-samurai/