Friday, April 21, 2017

Baja Damaskus

Jika melihat reality show Forged by Fire yang disiarkan di televisi History, sering kali pembuatan senjata menggunakan baja Damaskus. Baja damaskus merupakan material baja yang mempunyai sifat superplastis atau kemampuan untuk mengalami deformasi tetap tanpa retak hingga 1000%.

Sehingga baja Damaskus banyak digunakan untuk membuat senjata misalnya pedang. Selain tidak mudah tumpul atau patah dan sifat superplastis, ciri khas lain adalah adanya pola air (watermarking) pada permukaannya.

Baja Damaskus dibuat pertama kali di India dan kemudian berkembang sampai Suriah tepatnya di kota Damaskus dimana hal tersebut ramai setelah diketahui oleh bangsa Barat yang terlibat Perang Salib.

Sekelompok ahli metalurgi Jerman yang melakukan penelitian pada tahun 2006 menemukan adanya struktur nanowires, dan carbon nanotubes didalam baja Damaskus.

Pattern welded steel atau baja lapis nama lain dari Damascus steel atau baja Damaskus, merupakan penyatuan beberapa jenis baja (minimal 2 jenis) dan ditumpuk-tumpuk, dan disatukan dengan cara ditempa.

Sehingga dari baja lapis terjadi mengkombinasikan kelebihan, dan kekurangan dari baja karbon tinggi (daya tahan ketajaman tinggi, tapi getas) dan baja karbon rendah (daya tahan ketajaman rendah, tetapi tidak getas) pada satu bilah baja, sehingga dapat mendapatkan kelebihan dari masing-masing jenis baja tersebut.
 

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Baja_Damaskus
https://www.kaskus.co.id/thread/509a9106db92484b51000051/baja-damaskus-moderen-sejarah-singkat-dan-teori-dasar-pembuatannya/