Saturday, April 29, 2017

Stan Lee


Stanley Martin Lieber atau yang akrab dikenal sebagai Stan Lee adalah penulis komik, editor, penerbit, produser, dan aktor dari Amerika. Tahun 1939, Stanley memulai karir dalam dunia komik dengan menjadi asisten di Timely Comics (cikal bakal Marvel Comics) sebagai pengisi wadah tinta bagi para komikus.

Tahun 1941 Stan Lee membuat komik pertama tentang Captain America. Tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics. Tahun 1961, Stan Lee membuat buku komik pertama yaitu Fantastic Four, disusul tahun 1962 Incredible Hulk dan Amazing Spiderman.

Dan kemudian berlanjut cerita marvell yang lain yaitu X-Men, Avengers, Iron Man, Thor, dan Daredevil. Ciri khas tokoh superhero besutan Lee dan Marvel adalah karakter yang lebih membumi seperti Spider-Man yang miskin, Iron Man sang pemabuk, serta X-Men dengan gagasan anti-diskriminasi.

Stan Lee hampir selalu muncul di tiap film superhero sebagai cameo di film apa saja. Apa saja film yang di-cameo-i oleh Stan Lee, silahkan simak berikut :
  1. The Trial of the Incredible Hulk (1989), Lee berperan sebagai seorang juri di pengadilan.
  2. X-Men (2000), Stan Lee tampil sebagai penjual Hotdog di sebuah pantai saat Senator Kelly muncul setelah meloloskan diri dari Magneto.
  3. Spider-Man (2002), Di film pertama Spider-Man ini, Lee menjadi saksi pertarungan pertama antara Spider-Man dan Green Goblin serta menyelamatkan seorang anak perempuan dari puing yang jatuh.
  4. Daredevil (2003), Lee pun diselamatkan oleh Matt Murdock muda saat ia sedang membaca koran dan hampir ditabrak sebuah bus.
  5. Hulk (2003), Kali ini Lee menjadi seorang sekuriti yang keluar dari lab saat Bruce Banner (Eric Bana) hendak masuk ke dalam gedung. Dan rekan sekerjanya, tak lain tak bukan adalah Lou Ferrigno, pemeran Hulk di serial TV tahun 1980-an.
  6. Spider-Man 2 (2004), Di film kedua, setelah Doc Oc merampok sebuah bank, Lee menjadi saksi pertarungan antara Oc dan Spidey, dan sekali lagi Lee menyelamatkan seorang wanita dari puing-puing yang jatuh. Lalu siapa yang jadi pahlawan/superhero kalau begitu? :)
  7. Fantastic Four (2005), Ini adalah pertama kali Lee tampil sebagai cameo dari karakter yang ia ciptakan sendiri, tukang pos Willie Lumpkin.
  8. X-Men: The Last Stand (2006), Di film ketiga X-Men ini, Lee menjadi saksi saat Jean Grey muda mendemonstrasikan kekuatannya ketika Professor Charles Xavier (Patrick Stewart) dan Eric Lensherr / Magneto (Ian McKellen) hendak mengajaknya masuk ke sekolah yang Charles dirikan.
  9. Spider-Man 3 (2007), Di awal film, di Times Square, Lee berbincang dengan Peter Parker dan mengatakan, “You know, I guess one person can make a difference“.
  10. Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer(2007), Sekalipun ia mengatakan namanya Stan Lee, tapi kalau tak masuk daftar undangan, tetap tak bisa melihat pernikahan Reed Richard dan Susan Storm.
  11. Iron Man (2008), Tony Stark salah orang dan mengiranya sebagai Hugh Hefner saat menuju ke tempat acara.
  12. The Incredible Hulk (2008), Stan Lee pun mati sesudah meminum soft drink yang telah terkontaminasi darah Bruce Banner (Edward Norton) di awal film.
  13. Iron Man 2 (2010), Tony Stark kembali salah orang dan mengiranya sebagai Larry King saat meninggalkan tempat acara.
  14. Thor (2011), Kali ini Lee berperan sebagai sopir truk yang berniat menarik palu Thor, Mjolnir, setelah dilempar Odin ke bumi. 
  15. Captain America: The First Avenger(2011), Dari masa sekarang Lee mundur beberapa dekade dan menjadi seorang jendral di Perang Dunia II.
  16. The Avengers (2012), Lee tampil sebagai penduduk New York yang tidak percaya akan keberadaan The Avengers ketika ia diwawancara sebuah stasiun TV.
  17. The Amazing Spider-Man (2012), Cameo Lee kali ini adalah sebagai penjaga perpustakaan yang asik mendengankan lagu dan tak mendengar keramaian yang ditimbulkan dari pertarungan Spidey dengan Lizard.
  18. Iron Man 3 (2013), Setelah foto Tony Stark dengan ketujuh armor-nya saat pembuatan film Iron Man 3 muncul di dunia maya, kemudian dilanjutkan dengan Marvel yang memboyong ketujuh armor tersebut di San Diego Comic Con 2012, foto diatas pun muncul.
  19. Captain America: Civil War (2016), Leemenjadi agen pengiriman barang FedEx. 
  20. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017), Lee menjadi The Watcher, entitas yang mampu berpindah ruang dan waktu, sebagai pengawas alam semesta, hal ini diketahui saat Rocket, Yondu, dan Groot melompati dimensi untuk menyusul Starlord, terlihat sosok Lee dalam sebuah planet. Ia sedang menceritakan sesuatu kepada beberapa alien.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stan_Lee
http://www.duniaku.net/2012/08/12/sepak-terjang-stan-lee-di-film-film-marvel/
http://www.alabn.com/stan-lee-bapak-dari-ratusan-tokoh-komik-marvel/
http://jagoanmarvel.blogspot.co.id/2016/06/stan-lee-pencipta-marvel.html
https://beritagar.id/index.php/artikel/seni-hiburan/misteri-penampilan-stan-lee-dalam-aneka-film-marvel-terungkap