Wednesday, April 12, 2017

The Fate of the Furious

Sejak film pertama, film Fast Furious memang sudah menyita perhatian. Yaitu melalui film pertamanya yang berjudul The Fast and the Furious. Total termasuk film yang terbaru The Fate of the Furious, sudah ada 8 series. Lebih lengkapnya judul film adalah sebagai berikut :
  1. The Fast and the Furious (2001)
  2. 2 Fast 2 Furious (2003) 
  3. The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)
  4. Fast & Furious (2009)
  5. Fast Five (2011)
  6. Fast & Furious 6 (2013)
  7. Furious 7 (2015)
  8. The Fate of the Furious (2017)


08
The Fate of the Furious (2017)
Dominic, Roman, Tej, Hobs, Elena, Letty, Owen, Deckard, Ramsey, Chiper
Dalam seri ke delapan dari franchise Fast and Furious, Fast 8 atau Fast & Furious 8 atau yang berjudul asli The Fate of the Furious menceritakan Dom dan para krunya sibuk dengan aktivitas masing-masing. Dom dan Letty tengah bahagia menikmati bulan madu mereka, sedangkan Brian dan Mia memutuskan pensiun dari tim

Namun munculnya sosok wanita misterius membuat Dom dan krunya terpaksa kembali beraksi di dunia lama mereka yang penuh ketegangan. Suatu ketika seorang perempuan misterius mulai mendekati Dom dan membuatnya kembali ke dunia lamanya. Kejahatan yang sangat gelap dalam kasus ini adalah hal yang terburuk yang belum pernah dia hadapi. Dom mengkhianati teman-temannya dan bekerjasama dengan teroris bernama Chiper.

Tak lama setelah itu, tim yang tersisa direkrut oleh pasukan agen rahasia pemerintah pimpinan Frank Petty. Tugas mereka adalah menghentikan aksi teror yang direncanakan oleh Dom dan Chiper.

Untuk melawan Dom, tidak hanya dibutuhkan pasukan seperti pada Furious 7, yaitu Letty, Hobbs, Roman, Tej, Ramsey saja. Tapi juga membutuhkan mantan lawan, yaitu Shaw bersaudara, yaitu Deckard Shaw dan Owen Shaw.

Dalam film tersebut yang mengejutkan adalah diperkenalkan bayi Dom dari Elena. Dengan nama tengah Marco yang menjadi penyebab segala kekacauan. Dan bisa ditebak, bahwa nama depan dari bayi tersebut adalah Brian. Menjadi kisah kenangan tersendiri bagi penyuka film Fast Furious.

Seru...!!

Nah bagi yang menyukai film series Fast Furious dan ingin kembali mengingat cerita atau sinopsis film sebelumnya, berikut adalah ringkasan singkat. Sinopsis ditulis urut berdasarkan tahun penayangan. Namun sebenarnya secara timeline tidak urut. Untuk mengetahui urutan timeline bisa dilihat pada nomor diatas judulnya.


01
The Fast and the Furious (2001)
Brian, Dominic
Brian O'Connor anggota FBI menyamar dan memasuki jaringan balap jalanan di Los Angeles yang dicurigai melakukan pembajakan truk berkecepatan tinggi. Brian menghadapi pembalap jalanan elit, Dominic Toretto di laga balap tengah malam. Brian kalah namuan mendapat pujian dari Toretto karena menolongnya saat razia polisi.

Brian sempat berhadapan dengan geng lawan yang diketuai Johnny Tran. Brian mulai menyukai Mia, adik perempuan Toretto. Karena mobil Eclipse milik Brian hancur, Toretto memberi sebuah Toyota Supra tahun 1995.

Brian menanyakan Toretto dimana bisa mendapatkan penghasilan. Toretto setuju untuk memberitahu sumbernya kalau Brian menang Race Wars, pertandingan di sirkuit tertutup untuk penggemar mobil. Mobil yang digunakan saat Race Wars, Jesse menggunakan Volkswagen Jetta melawan Honda S2000 milik Tran.

Suatu malam Toretto dan geng pergi untuk membajak. Saat pembajakan berlangsung, Vince terluka parah karena ditembak shotgun di sisi badannya. Anggota geng lain mencoba membantu tetapi digagalkan oleh sopir truknya.

Brian mencoba untuk mengkonfrontir Toretto, yang akan menjenguk Jesse. Tran dan sepupunya datang dan melakukan "drive-by-shooting" (mengemudi sambil menembak) di rumah itu, melukai Jesse.

Brian dan Toretto mengejar dengan menggunakan Dodge Charger tahun 1970. Toretto cedera setelah ditabrak oleh sebuah truk dari samping, dimana mobilnya terbang tak terarah lalu hancur. Brian membiarkan Toretto kabur sebelum polisi datang dengan memegang kunci Supranya.


02
2 Fast 2 Furious (2003) 
Brian, Tej
Brian O'Conner sedang dalam pelarian. Ia pergi ke Miami dan berteman dengan Tej Parker mantan pembalap jalan, Jimmy ahli penyetelan mobil, Suki seorang pembalap jalanan menggunakan Honda S200. O'Conner dikenal dengan "Bullet atau Peluru", dan menguasai jalanan dengan Nissan Skyline nya.

Brian tertangkap oleh mantan bosnya di FBI, Agen Bilkins yang membuat perjanjian untuk melakukan misi. Untuk melakukan misi ini Brian akan berpasangan dengan Roman Pearce untuk menyamar menjadi pembalap jalanan. Brian menggunakan Mitsubishi Lancer Evolution 7 warna kuning, Roman memakai Mitsubishi Eclipse Spyder berwarna ungu.

Bersama Monica Fuentes, misi mereka adalah menangkap raja narkoba asal Argentina bernama Carter Verone. Oleh Verone, Brian harus menjalan misi membawa uang Verone dalam bagasi yang diabwa dalam Mitsubishi milik Brian dan Roman.

Saat itu detektif Whitworth mengepung, sehingga Roman dan Brian memakai taktik "berpencar" sehingga Brian dan Roman bisa menyelinap ke Camaro dan Challenger. Turut membantu mereka Tej mengendarai Lancer Evo 7 miliknya dan Roman mempersilakan Suki mengendarai Eclipse Spydernya.

Saat pendamping Brian mengatakan ada perubahan tujuan, Brian membuat kesalahan fatal sekaligus membuka penyamarannya dan Monica. Verone berkata pada si pendamping untuk mengeksekusi Brian, tetapi Roman berhasil menyelamatkan Brian.

Verone mencoba kabur dengan kapal pesiarnya. Camaro yang Brian kendarai melompati gundukan di dekatnya dan mendarat di atas kapal pesiarnya untuk menyelamatkan Monica. Pada akhirnya Verone ditangkap dan kopor-kopor berisi uang itu diambil FBI. Meskipun sebenarnya uang tersebut diambil sedikit secara rahasia oleh Brian dan Roman.


06
The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)
Han
Sean pembalap liar mengalami tabrakan sehingga Sean dikirim ke Tokyo agar tidak lagi berurusan dengan mobil. Di Tokyo Sean berkenalan dengan Twinkie yang akrab dengan dunia drifting. Sean berkonfrontasi dengan DK (Drift King). Meminjam mobil pada Han namun akhirnya Sean kalah dan mobilnya hancur total. Kemudian Han mengajari Sean cara drift.

Takashi menantang Sean setelah melihat Sean dekat dengan Neela dan ia mengancam Sean agar pergi jauh dari Neela. Dikarenakan perselisihan, Han, Sean, dan Neela melarikan diri dari Takashi dan Morimoto. Akhirnya Morimoto tewas.

Untuk mengakhiri pertengkaran Sean menawarkan duel dengan Takashi, siapa pun yang kalah harus meninggalkan Tokyo. Sean, Twinkie, dan Han menggunakan mobil Ford Mustang Fastback keluaran 1967.

Sean memenangkan perlombaan tersebut. Mobil Takashi sendiri hancur di menit-menit akhir karena jatuh dan menjadi Drift King. Kemudian Sean ditantang oleh Dominic Toretto yang merupakan teman baik Han.


03
Fast & Furious (2009)
Brian, Dominic, Han, Gisele,
Dominic Toretto mencurigai bahwa polisi sedang memburu mereka setalah Han menginformasikan hal itu ke Dom. Dominic pun pergi ke kota Panama. Mia Toretto memberitahu bahwa Letty, kekasihnya, meninggal karena mengalami kecelakaan mobil.

Dominic menemukan nitrometana di tanah, dan hasil penyelidikannya nitrometana tersebut dan mengantarkan Dominic pada nama David Park yang menggunakan mesin nitro dari mobil Ford.

Di sisi lain agen FBI, Brian O’Conner sedang menyelidiki kasus narkoba Arturo Braga yang mengarah pada David Park juga.

Park kemudian membawa Brian ke balapan jalanan. Dominic juga muncul di acara tersebut dengan mobil modifikasinya. Gisele Yashar anak buah Braga mengumumkan bahwa pemenangnya akan menjadi orang terakhir yang mengantarkan heroin antara Mexico – perbatasan Amerika. Dominic menang dengan menabrak mobil Brian.

Meski sempat bertengkar akhirnya Dom dan Brian bisa kembali akur dan berhasil meringkus Braga. Tidak hanya meringkus, namun Dom membalaskan dendam Mia dengan membunuhnya. Sehingga Dom harus ditahan seumur hidup.


04
Fast Five (2011)
Brian, Dominic, Roman, Han, Tej, Gisele, Hobs, Elena
Brian berhasil membebaskan Dom yang akan dikirim ke penjara. Disini mereka kembali bertemu dengan Vince yang seolah masih trauma dengan pembajakan tangki minyak kali dan justru menawarkan membajak isi kereta.

Agen Luke Hobbs dan timnya dibantu Elena Neves berusaha memburu Dom, Brian dan Mia. Brian selain Dom, Mia dan Vince, menghubungi kawan lama seperti Rome, Han, Tej, dan Gisele Yashar.

Yang menarik dalam film ini adalah aksi pertarungan tangan kosong menjadi dominan, terutama antara Hobbs melawan Dom. Aksi lain yang tak kalah heboh adalah saat Dom membobol
uang milik bos narkoba penguasa kota, Hernan Reyes dengan cara menarik brankas bank dan membawanya kabur sehingga menghancurkan seisi kota.

Di akhir film Hobbs dapat kabar Letty, pacar Dom, ternyata masih hidup.


05
Fast & Furious 6 (2013)
Brian, Dominic, Roman, Han, Tej, Gisele, Hobs, Letty, Owen
Letty ternyata memang masih hidup tapi ia hilang ingatan dan bergabung dengan komplotan penjahat pimpinan Owen Shaw, penjahat yang merupakan mantan agen Ingrris yang kini menjadi pembunuh bayaran.

Bagi Hobbs, hanya Dom dan komplotannya yang bisa menggulung kawanan Shaw. Dom diberikan tawaran oleh Hobbs karena menyangkut informasi mengenai Letty.

Dimana Letty yang seharusnya sudah meninggal ternyata terlihat terlibat dalam pembajakan dan pencurian peralatan tempur tentara. Dom dan Brian kemudian pergi Madrid dan menuju London untuk berkumpul dengan Tej, Rome, Han, dan Gisele.

Shaw sedang membangun perangkat Nightshade, sebuah perangkat untuk menghancurkan jaringan komunikasi militer, alat ini akan dijual pada penawar tertinggi. Shaw bekerja sama dengan Arturo Braga.

Brian menyamar sebagai residivis agar bisa satu tahanan dengan Braga yang diringkusnya dulu. Dari Braga jugalah Brian mendapatkan informasi kepastian bahwa Letty belum meninggal dan hanya mengalami amnesia. Sementara itu Dom yang mencoba menemukan Letty kesulitan saat akan membawanya kembali karena Letty telah kehilangan seluruh ingatannya.

Letty akhirnya berpihak kembali pada Dom. Setelah Shaw dan anak buahnya berhasil digulung, para jagoan kita, Dom dan kawan-kawan, kembali berkumpul di rumah Dom di Amerika sebagai manusia bebas, bukan lagi buronan polisi.

Dalam aksinya, Gisele tewas, meninggalkan kekasihnya, Han sendirian. Han memutuskan kembali ke Tokyo.


07
Furious 7 (2015)
Brian, Dominic, Roman, Han, Tej, Hobs, Elena, Letty, Deckard, Ramsey
Dominic Toretto, Brian O'Conner, dan kru lain kembali ke Amerika Serikat dan hidup normal lagi. Letty tidak bisa lagi mengingat kembali kenangannya, kemudian Letty menghilang dan meninggalkan Dom begitu saja.

Kakak Owen, Deckard Shaw, menerobos masuk ke dalam rumah sakit dan melihat Owen Shaw ditahan dalam keadaan koma dan bersumpah untuk membalas dendam pada Dom. Shaw menerobos masuk ke dalam kantor Luke Hobbs untuk mengekstrak profil kru Dom.

Sebuah bom dari Shawa membuat Hobbs dan Elena Neves, terjatuh dari gedung sehingga terluka parah. Sebuah bom juga dikirim dari Tokyo, meledak dan menghancurkan rumah Toretto hanya beberapa detik setelah Han, dibunuh oleh Shaw di Tokyo.

Dom pergi ke Tokyo untuk mengklaim tubuh Han, dan bertemu Sean Boswell, seorang teman Han, yang memberinya barang-barang pribadi yang ditemukan di tempat terjadinya kecelakaan Han, di antaranya kalung salib yang Dom pakai untuk mencari Letty.

Di pemakaman Han di Los Angeles, dihadiri Roman Pearce dan Tej Parker.

Tim operasi rahasia yang dipimpin oleh Frank Petty menginformasikan pada Dom untuk membantu dia mencegah tentara bayaran bernama Jakande mendapatkan God Eye , sebuah program komputer yang dapat menggunakan perangkat digital untuk melacak orang tertentu, dan melindungi penciptanya, seorang hacker bernama Ramsey.

Dom merekrut Brian, Letty, Romawi dan Tej untuk membantunya. Brian membuat janji untuk Mia bahwa setelah Shaw ditangani, ia akan mendedikasikan dirinya untuk membesarkan anak mereka penuh-waktu.

Mereka kemudian menuju ke Abu Dhabi, di mana miliarder telah memperoleh flash drive yang berisi God Eye. Di Etihad Towers, tim menerobos masuk ke dalam penthouse dan berhasil mencuri flash drive.

Di akhir pertarungan Dom tak sadarkan diri, Letty membuai tubuh Dom, dia mengungkapkan bahwa dia telah mengingat kembali kenangan, dan bahwa dia ingat upacara pernikahan mereka. Sementara itu, Brian dan Mia bermain dengan anak mereka di pantai, sementara Dom, Letty, Roman dan Tej mengamati, menghargai kebahagiaan mereka dan mengakui bahwa Brian lebih baik pensiun untuk menghabiskan waktu dengan keluarganya.

Dom diam-diam pergi, dan Brian menemui Dom. Saat Dom mengingat kenangannya dengan Brian, mereka mengucapkan selamat tinggal satu sama lain dan pergi ke arah yang terpisah.


08
The Fate of the Furious (2017)
(resume ada diatas artikel)


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/The_Fast_and_the_Furious
https://id.wikipedia.org/wiki/2_Fast_2_Furious
https://id.wikipedia.org/wiki/The_Fast_and_the_Furious:_Tokyo_Drift
https://id.wikipedia.org/wiki/Fast_%26_Furious
http://sinopsismovie12.blogspot.co.id/2017/03/sinopsis-fast-furious-4-2009.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Fast_Five
https://id.wikipedia.org/wiki/Fast_%26_Furious_6
https://id.wikipedia.org/wiki/Furious_7
http://showbiz.liputan6.com/read/2916159/nobar-fast-and-furious-8-vin-diesel-kenang-paul-walker
http://www.duniaku.net/2015/04/05/timeline-fast-and-furious/2/
http://sinopsisfilmbaru.com/sinopsis-the-fate-of-the-furious-fast-8/