Friday, April 28, 2017

Kupang di pulau Timor

Ada 4 pulau yang pernah aku singgahi di Indonesia selain pulau Jawa yang aku diami saat ini. Yaitu pulau Bali, pulau Madura, pulau Batam dan yang terbaru adalah pulau Timor. Sebagai perbandingan dari kelima pulau tersebut tantang luas dari masing-masing pulau sekaligus data jumlah penduduk yang mendiami pulau tersebut.

Luas pulau Batam : 1.595 km persegi
Jumlah penduduk Batam : 1.030.529 jiwa

Luas pulau Madura : 4.250 km persegi
Jumlah penduduk Madura : 3.622.000 jiwa

Luas pulau Bali : 5.780 km persegi
Jumlah penduduk Bali : 3.891.428 jiwa

Luas pulau Timor : 30.777 km persegi
Luas Timor Barat : 15.850 km persegi
Jumlah penduduk Timor Barat : 1.596.723 jiwa
Luas pulau Jawa : 128.297 km persegi
Jumlah penduduk Jawa : 160.293.748 jiwa



Kota Kupang merupakan ibu kota dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah penduduk di kota Kupang adalah 304.548 jiwa. Untuk menuju ke kota Kupang kita dapat menggunakan alat transportasi udara dengan turun dan mendarat di bandara El Tari.

Untuk penginapan kita tidak perlu khawatir karena disana tersedia banyak hotel. Mulai dari hotel bintang 1 hingga hotel bintang 4. Karena aku berencana akan melakukan perjalanan selama 4 hari 3 malam, maka sengaja aku booking hotel di 2 hotel yang berbeda.



Yang pertama di hotel Sylvia yang dekat dengan pusat tengah kota, yaitu tepatnya di Jl. Soeharto No. 49 - 51, Naikoten I, Kec. Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim. 40116. Sylvia Hotel Kupang memiliki restoran, pusat spa, dan kolam renang outdoor, parkir pribadi gratis. Dalam kamar di Sylvia Hotel Kupang dilengkapi AC dan TV layar datar, kamar mandi pribadi, sandal, dan perlengkapan mandi gratis.


Sedangkan hotel yang kedua ada hotel yang dekat dengan bibir pantai, yaitu tepatnya di Jalan Timor Raya 59, Kupang, Indonesia. Swiss-Belinn Kristal Kupang mempunyai 3 lantai dengan desain klasik. Hotel Swiss-Belinn Kristal Kupang menyediakan 139 kamar tamu, dan kebetulan kamar yang aku tempati mempunyai jendela tepat dengan pemandangan yang menghadap Teluk Kupang sehingga pemandangannya cukup menakjubkan. Dalam kamar terdapat AC, TV satelit. Juga tedapat kolam renang sambil menikmati pemandangan laut dan kita dapat berolah raga sepanjang jalur jogging.

Tidak itu saja ada banyak hotel di Kupang, yaitu akan aku tampilkan pada peta dibawah :


Dalam perjalanan kali ini aku sempatkan untuk melihat area desa Silu, Naibonat dan Baumata. Dan tidak lupa aku juga menuju area jalan El Tari, Lasiana, kantor Walikota dan Naikoten.


Untuk kuliner makan malam jangan lewatkan sajian makanan di pasar malam yang menyajikan menu makanan laut dari ikan kerapu, ikan kakap, udang, cumi-cumi, kepiting dan kerang. Untuk berjalan-jalan di Kupang juga terdapat mall Ramayana, Lippo Plaza dan Hypermart serta yang sedang dalam proses pembangunan adalah gedung Transmart.

Untuk mencari oleh-oleh berupa makanan khas Kupang kita bisa menuju Ibu Soekiran yang terletak di Jalan Moch Hatta No.19, Oetete, Oebobo, Fontein, Kec. Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Jika mau mencari oleh-oleh berupa suvenir khas Kupang kita bisa menuju toko Mitra Agung Utama yang terletak di Jl. Suharto, Lasiana, Kelapa. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan jika mau mencari oleh-oleh baju atau kaos yang murah meriah bisa cari di Subasuka Factory Outlet, yaitu yang mempunyai alamat di Jl. Cak Doko, Oetete, Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Batam
https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Timor
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kupang
https://id.wikipedia.org/wiki/Timor_Barat
https://id.wikipedia.org/wiki/Bali
https://id.wikipedia.org/wiki/Jawa