Tuesday, April 11, 2017

Antara Monkey dan Ape?

Malam hari di sebuah televisi swasta disiarkan film yang sangat apik, yang berjudul Rise of Planet of Apes yang ditayangkan pada tahun 2011. Film ini merupakan prekuel dari film Planet of the Apes yang ditayangkan 10 tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2001.

Kemudian sekuel berikutnya adalah film dengan judul Dawn of the Planet of the Apes yang ditayangkan pada tahun 2014. Dan yang terbaru adalah sekuel film dengan judul War for the Planet of the Apes.

Di dalam film tesebut disebutkan perbedaan antara monkey dengan ape, atau antara monyet dan kera. Lalu apa perbedaan kera dan monyet?


Monyet merupakan primata yang memiliki tangan yang lebih pendek dari kakinya dan berjalan dengan empat kaki. Memiliki ekor panjang. Volume otak monyet relatif lebih kecil, begitu juga dengan tingkat kecerdasannya. Dalam bahasa Inggris monyet disebut monkey.

Kera adalah jenis primata yang memiliki bentuk tubuh seperti manusia, seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu kecuali bagian mukanya, memiliki otak yang relatif lebih cerdas dibanding hewan lain. Kera tidak memiliki ekor yang tampak karena ekornya pendek nyaris menyerupai tonjolan saja. Kera bisa berdiri tegak dan berjalan dengan kedua kakinya. Kedua tangannya lebih panjang dari kakinya. Dalam bahasa Inggris kera disebut ape.

Dalam klasifikasi mahluk hidup, kera dan monyet termasuk dalam orde primata, dimana kera diklasifikasikan sebagai super keluarga Hominoidea sedangkan monyet digolongkan sebagai super keluarga Cercopithecoidea. Cercopithecoidea sering disebut monyet dunia lama.

Klasifikasi kera lebih banyak lagi, super keluarga Hominoidea terbagi lagi ke dalam keluarga Hylobatidae seperti Gibbon dan keluarga Hominidae yang didalamnya termasuk orang utan, gorila, dan simpanse.



Sumber :
https://jurnalbumi.com/blog/perbedaan-kera-dan-monyet/

Sumber foto :
http://www.sheppardsoftware.com/content/animals/animals/mammals/apevsmonkey.htm

No comments:

Post a Comment

Related Posts