Tuesday, September 8, 2020

Ganesha

Ganesha atau Ganesa adalah sebuah kata majemuk dalam bahasa Sanskerta, terdiri dari kata gana (Sanskerta: गण; gaṇa), berarti kelompok, orang banyak, atau sistem pengelompokan, dan isha (Sanskerta: ईश; īśa), berarti penguasa atau pemimpin.

Tangan kiri Ganesha memegang mangkok yang isinya adalah ilmu pengetahuan. Belalainya masuk ke dalam mangkok yang artinya selalu menyerap ilmu pengetahuan. Tangan kanannya patahan gading yang ternyata adalah patahan dari gadingnya sendiri yang digunakan untuk menulis, sebagai tanda untuk mengajari manusia ilmu pengetahuan. 

Kepala gajah yang besar adalah simbol kebijaksanaan, dan telinga gajah yang lebar menandakan bahwa ia mendengar segala sesuatu sekaligus melambangkan peran komunikasi yang efektif. Sebagai pendengar yang baik akan selalu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang situasi yang dihadapi. Sehingga saat melakukan pengambilan keputusan, maka setelah mendengarkan orang lain dapat membantu kita dalam menganalisis situasi dari perspektif yang berbeda, sehingga dapat memandu kita memiilih solusi yang lebih baik.


Pada tahun 570 M, dikenal juga ‘Tahun Gajah’, merujuk peristiwa bersejarah yang bertepatan dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Kala itu, Raja Abrahah dari Yaman dengan pasukan gajah yang ingin menaklukan Mekah sekaligus menghancurkan popularitas Ka’bah. Tapi tiba-tiba para gajah berhenti berjalan dan mogok perang serta menolak melintasi Mekah.

Saat Abrahah dan pasukannya bersiap masuk ke dalam kota, burung-burung Ababil membawa batu-batu kecil dan melemparkannya ke pasukan tersebut, yang mana setiap orang yang terkena batu itu langsung binasa layaknya daun yang dimakan ulat. Kisah ini tercatat dalam Alquran surah ke-105, surah Al-Fiil (Gajah).


Secara fisik, gajah memiliki banyak kelebihan. Walaupun matanya kecil, gajah memiliki daun telinga yang lebar sehingga sensitif terhadap pendengaran. Gajah merupakan hewan yang bersahaja, dengan belalainya yang panjang gajah bisa menjangkau makanan yang jauh. Daya ingatnya luar biasa, jangan sekali-kali memukul gajah, dia bisa ingat dan balas dendam.


Previous : Soeket

Next : Nusantara


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Ganesa

https://dailyvoyagers.com/blog/2018/12/26/dewa-ganesha/

https://bali.tribunnews.com/2018/05/30/ingatlah-selalu-6-pelajaran-hidup-dari-dewa-ganesha?page=all.

https://peacenews.yipci.org/filosofi-gajah-belajar-perdamaian-dari-sang-peacemaker-sejati/

https://bobo.grid.id/read/082178001/ternyata-inilah-makna-dari-bentuk-patung-arca-ganesha-di-museum-nasional?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts