Sunday, September 6, 2020

Antara Earphone, Headphone dan Headset


Dikarenakan masa pandemi wabah corona, menjadikan sekolah online sebagai sebuah keharusan. Agar nyaman saat pengajaran daring, maka diperlukan alat bantu komunikasi yang ditempelkan di handphone atau laptop.

Saat ini di rumah hanya ada earphone.

Nah, sang anak request dibelikan headset. Namun karena ga paham, jadinya aku beli headphone. Ternyata 3 hal tadi, yaitu antara earphone, headphone dan headset adalah hal yang berbeda. Ada satu lagi, yaitu handsfree. 

Earphone memiliki bentuk yang mungil sehingga gampang dibawa ke mana-mana, sehingga lebih sering dipakai untuk perangkat mobile seperti handphone.

Headphone adalah aksesori alat dengar sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tanpa bisa digunakan untuk komunikasi, dengan kualitas suara headphone bagus karena memang didesain hanya untuk audio saja.

Headset adalah headphone dengan tambahan mikrofon sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, tetapi juga untuk komunikasi, umumnya headset lebih sering dipasang pada PC atau laptop. 

Handsfree merupakan earphone yang diberi tambahan tertentu seperti mikrofon dan tombol fungsi, yang dapat digunakan untuk menaikkan atau menurunkan volume, saat ini yang sering digunakan adalah bluetooth handsfree tanpa kabel.


Sumber :

https://www.idntimes.com/tech/gadget/adiputra/sering-salah-kaprah-ini-beda-headphone-headset-earphone-dan-handsfree-1/4

No comments:

Post a Comment

Related Posts