Saturday, September 5, 2020

Mengapa Mencuci AC Sangat Penting?

Sebelumnya cukup ragu untuk mendatangkan teknisi AC untuk mencuci AC yang ada di rumah karena tidak mengetahui mengenai hubungan AC dengan Virus Corona Covid-19. Namun akhirnya keraguan tersebut sudah sirna, dan AC di rumah sudah dicuci dengan sukses.

Mencuci AC merupakan perawatan dasar pendingin udara yang harus dilakukan secara rutin. Mengapa mencuci AC sangat penting?

Pertama untuk memastikan udara tetap bersih. Karena jika kita menghirup udara tercemar maka dapat mengganggu kesehatan kita. Dalam hal ini AC memiliki fungsi untuk menyaring partikel dan debu di udara.

Kedua untuk mencegah AC dari kebocoran. Hal dikarenakan jika terlalu banyak kotoran yang terakumulasi pada pipa evaporator, dapat berubah menjadi lumut dan jatuh menutupi saluran pembuangan AC. Sehingga mengakibatkan saluran pembuangan menjadi tertutup dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada AC.

Ketiga untuk menjaga AC selalu dingin. Karena jika kotoran dan debu yang dibiarkan menumpuk pada filter maka dapat menyebabkan filter atau penyaring udara tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Sehingga pada akhirnya uap dingin tidak akan bisa disebarkan secara maksimal oleh kipas atau fan.

Keempat ada hubungannya dengan biaya. Jika AC dibiarkan terlalu lama dalam keadaan kotor, maka mesin yang ada di dalamnya pun harus bekerja lebih berat lagi untuk menghasilkan udara yang dingin. Pada akhirnya AC akan menggunakan listrik yang lebih banyak lagi.

Kelima dapat membuat AC jadi lebih awet dan tahan lama. Dengan dirawat secara rutin dan teratur, maka dapat mengurangi kemungkinan AC menjadi rusak di kemudian hari.


Sumber :
https://toshiba-ac.co.id/

No comments:

Post a Comment

Related Posts