Friday, April 10, 2020

Hubungan AC dengan Virus Corona Covid-19


Beberapa waktu lalu tersebar sebuah berita bahwa virus corona Covid-19 dapat menyebar melalui AC (air conditioner) atau pendingin udara, bahkan di berita tersebut disebutkan penyebaran bisa semakin masif, hal ini dikarenakan AC dapat menurunkan suhu dan kelembapan sehingga menjadi kondisi menguntungkan virus Corona covid-19 menyebar.

Masyarakat pun menjadi paranoid.

Namun hal ini disanggah oleh beberapa praktisi kesehatan.

Penyebaran virus Corona COVID-19 tidak berpengaruh pada ruangan yang ber-AC, dan juga tidak terpengaruh dengan sirkulasi udara yang disebabkan AC. Hal ini dikarenakan virus corona Covid-19 tidak menyebar dengan cara airborne di udara.

Hal ini juga dikarenakan karena virus bukan termasuk partikel aerosol.

Apa itu aerosol?

Aerosol menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefiniskan sebagai "Sistem tersebarnya partikel halus zat padat atau cairan dalam gas atau udara, misalnya asap dan kabut."

Sedangkan menurut Paul Baron dari National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), aerosol adalah "partikel halus atau cairan yang 'tertahan' di udara".

Baron mengatakan bahwa oksigen yang kita hirup adalah partikel aerosol. Partikel biologis seperti virus dan bakteri pada dasarnya adalah partikel aerosol dengan ukuran yang cukup besar, lebih dari ~0,5 mikrometer.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa cara penyebaran SARS-CoV-atau virus corona Covid-19 tidak sama seperti virus flu. Jadi penderita Covid-19 bersin, partikel virus memang akan melewati udara, namun tidak untuk waktu yang lama karena droplet yang membawa virus tersebut terlalu berat untuk terbawa angin atau udara karena terlalu berat, sehingga langsung jatuh ke tanah atau menempel di benda.

Karena sampai hal ini beberapa pakar kesehatan dan ahli virus serta WHO menegaskan bahwa virus corona Covid 19 menular melalui droplet (percikan), yaitu saat orang yang bicara keras, batuk atau bersin di depan kita dalam jarak 1 hingga 2 meter.

Penelitian yang dilakukan di China yang disampaikan di edaran WHO bahwa dari 75.465 pasien COVID-19 tidak ada yang melaporkan penularan melalui udara.

Jadi AC rumah tidak akan menyebarkan virus corona Covid-19, tapi kita harus tetap rajin untuk membersihkan dan mencuci AC baik indoor maupun outdoor. AC di rumah juga bukan merupakan tempat berkumpulnya banyak orang, sehingga virus tidak mengalami siklus daur ulang di udara dalam rentang waktu singkat.

Jadi saat ini adalah waktu yang tepat untuk cuci AC rumah tanpa khawatir untuk menjaga Kebersihan AC Rumah. Terlebih sudah tidak ada lagi masalah dengan Kompresor AC.


Sumber :
https://www.liputan6.com/bola/read/4222690/benarkah-ruangan-ber-ac-membuat-virus-corona-covid-19-makin-menyebar
https://www.idntimes.com/health/medical/alfonsus-adi-putra-alfonsus/ac-rumah-dan-virus-corona-1/full

No comments:

Post a Comment

Related Posts