Saturday, November 2, 2019

Kebersihan AC Rumah

Artikel sebelumnya Agar AC Rumah Awet.

Air conditioner (AC) menjadi barang yang wajib, terlebih udara yang semakin panas dan lembab membuat AC tak lepas dari bagian hidup sehari-hari. Mulai dari mal, perkantoran, hingga rumah sudah dilengkapi dengan AC.

Namun kebersihan AC wajib dijaga, agar tak mengganggu kesehatan. Ketika udara terasa begitu panas, cukup dengan menyalakan AC, kita pun akan merasa nyaman. Namun, unit AC yang berusia tua dan tak terawat kebersihannya, terbukti menjadi faktor penyebab berbagai gangguan kesehatan, termasuk kondisi pernapasan, dan penyebaran penyakit.

Karena itu, sangat penting menjaga kebersihan AC untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan. Salah satu layanan yang sering ditawarkan oleh teknisi AC adalah membersihkan saluran udara.

Perawatan ini, sebaiknya dilakukan secara rutin tiga bulan sekali atau ketika sudah terlihat adanya penumpukan debu dan pertumbuhan jamur.

Bagian dalam AC menghasilkan udara dingin yang akan menyamankan selama musim panas, tapi ini juga menjadi tempat utama untuk berkumpulnya debu dan pertumbuhan jamur. Jika tidak dibersihkan dengan benar, jamur akan tumbuh dan menyebar.

Bersihkan AC Setelah Renovasi Rumah Anda baru saja direnovasi? Jika ya, tak perlu menunggu jadwal rutin per tiga bulan, tapi segera hubungi teknisi AC untuk membersihkan AC, apalagi jika ada proses pengecatan dan perubahan beberapa bagian rumah yang menyebabkan rumah dipenuhi puing-puing berdebu.

Debu dan zat yang terkandung dalam cat bisa terjebak di dalam saluran udara AC. Gunakan AC setelah Anda memastikan bahwa AC sudah benar-benar bersih dari debu, jangan sampai sirkulasi udara di dalam rumah dipenuhi debu dan partikel-partikel bahan bangunan yang tentunya tak baik untuk kesehatan.


Sumber :
https://sains.kompas.com/read/2015/05/27/140000323/Bersihkan.AC.dari.Debu.dan.Jamur?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts