Saturday, March 30, 2019

Agar AC Rumah Awet

Artikel sebelumnya AC Bocor Setelah Dicuci.

AC (air conditioner) dan seperti barang pada umumnya, semakin banyak digunakan nilai keawetannya pun akan menurun dan berakhir rusak. Pada umumnya AC mulai mengalami kendala setelah jangka waktu penggunaan 2-4 tahun. 

Namun jika dirawat dan digunakan dengan benar, AC dapat bertahan hingga 10 tahun lebih. 

Bagaimana caranya, berikut beberapa tips agar AC rumah awet.
  1. Gunakan Timer, sehingga AC akan mati secara otomatis tepat pada waktunya. Setel waktu sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya AC dinyalakan maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian. Setelah itu biarkan mesin dingin kembali. 
  2. Suhu, sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Ini akan membuat mesin AC cepat panas. Suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia
  3. Bersihkan Filter AC, bersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Jika sudah terlampau kotor Anda dapat mengganti filter. Debu yang menumpuk pada filter akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu. Akibatnya AC akan cepat rusak.
  4. Bersihkan Kumparan AC, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya sebab debu juga kerap menumpuk pada bagian ini. Debu yang menumpuk pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korslet. Periksa kumparan secara rutin setiap tahun dan bersihkan.
  5. Periksa Thermostat, thermostat (pengatur suhu) perlu dipastikan agar AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruang tetap stabil. Atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang/kegiatan. Atau, jika benar-benar tak ada orang di rumah, sebaiknya matikan AC.
  6. Cek Kipas, periksa kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas masih berada dalam kondisi yang bagus. Ganti pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.
  7. Servis Secara Berkala, lakukan servis secara berkala. Anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC untuk memeriksa kelayakan.

Merawat AC secara teratur tidak hanya menghemat uang, tapi juga membuat rumah tetap nyaman.


Sumber :
https://www.liputan6.com/properti/read/2865707/merawat-ac-agar-awet-sampai-lebih-dari-10-tahun

No comments:

Post a Comment

Related Posts