Friday, November 30, 2012

Convert File Excel (Xlsx ke Xls)

Hari Jumat sore pukul 16:30. 

Waah, sudah menjelang petang, tapi pekerjaan masih menumpuk. Biasanya lembur di kantor untuk membereskan pekerjaan agar hari Senin tidak ada yang pending. Tapi badan tidak bisa diajak kompromi untuk kerja keras.

Oke, kerjaan dibawa saja kerumah. Beberapa berkas dan beberapa file di-copy ke flash disk. Dengan harapan setelah tidur Jumat malam, hari Sabtu pagi badan bisa kembali fresh dan melanjutkan sesuatu yang tertunda.

Tapi begitu seusai men-copy data, ternyata file excel yang sudah di-copy tidak bisa di-open. Waduh, lupa. Formatnya ternyata beda. Yaitu file excel dengan format Xlsx, yaitu format excel dari aplikasi Microsoft Office 2007. Sedangkan komputer di rumah hanya bisa buka file excel dengan format Xls saja karena excel yang dirumah adalah dari aplikasi Microsoft Office 2003.

Masak batal mengerjakan ya?

Padahal sudah semangat 45 begini. Kalau batal nanti sudah terbayang memulai hari Senin minggu depan dengan setumpuk pekerjaan.

Tapi tenang. Ternyata kita bisa meng-convert atau merubah excel kita dari format Xlsx ke Xls, tanpa harus meng-instal dan meng-upgrade Microsoft Office kita dari Microsoft Office 2003 ke Microsoft Office 2007.

Kita bisa meng-convert file excel kita dari format Xlsx ke Xls secara online. Buka saja website http://www.freefileconvert.com/.

Caranya juga sangat mudah sekali.
Pertama, kamu buka website http://www.freefileconvert.com/.
Kedua, upload file excel Xlsx yang akan di-convert pada tombol "Choose File".



Ketiga, pilih output format exel Xls yang diinginkan pada tombol "Select Input File First"
Keempat, tekan tombol "Convert" sebagai konfirmasi.
Kelima, download link yang diberikan dari web tersebut.

Selesai deh. Mudah dan cepat.
Silahkan dicoba.