Monday, November 5, 2012

Rujak Uleg dan Rujak Manis

Rujak uleg
Kroso sepet kakehan cengkir
Atine judeg
Dadane sesek kakehan pikir

Lirik diatas merupakan lirik lagu jawa yang berjudul Rujak Uleg yang dipopulerkan oleh sang maestro keroncong Indonesia, Waljinah. Tapi kita tidak akan membahas tentang lagu keroncong ataupun lagu lainnya.




Rujak uleg merupakan alternatif bagi yang kurang menyukai sayuran tapi ingin sehat tanpa harus makan multivitamin. Di Jawa terdapat 2 rujak, yaitu rujak sayur atau rujak uleg dan rujak manis atau rujak buah.

Rujak manis atau rujak buah merupakan olahan bermacam-macam buah yang diiris tipis kemudian diberi bumbu yang terdiri dari kacang, gula merah dan cabe. Sehingga selain mendapatkan kesegaran dari buah juga kita akan mendapatkan sensasi manis pedas dari bumbu.

Sedangkan rujak sayur atau rujak uleg meruakan rujak dengan bahan utama sayur mayur yang diberi bumbu yang terdiri dari kacang, gula merah dan cabe. Lebih detil silahkan lihat pada bumbu yang dipakai dibawah. Makanan khas dari Surabaya dan Jawa Timur adalah rujak cingur, yaitu rujak uleg yang ditambahi cingur dari sapi. DInamakan rujak uleg dikarenakan saat proses dihaluskannya bumbu-bumbu dan bahan-bahan adalah dengan menggunakan cara diuleg diatas cobek.





Bahan:
2 ikat kangkung, bersihkan
5 buah tahu Sumedang goreng, iris tipis
100 g tauge, bersihkan, celup air mendidih, tiriskan
1 buah timun, iris tipis

Haluskan:
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
½ sdt terasi goreng
1 sdt garam
50 g gula merah, sisir halus
50 g jambu batu muda, iris halus