Friday, November 2, 2012

Sindrom 5K

Berdasarkan pengalaman di 3 perusahaan dari 4 perusahaan yang pernah aku singgahi, terdapat beberapa karyawan yang mengalami sindrom kerja atau yang biasa disebut dengan Sindrom 5K.


Sindrom kerja ini berkaitan turn over atau keluar dan masuknya kembali karyawan di suatu perusahaan. Yaitu awalnya Kagum saat akan diterima sebagai karyawan, kemudian setelah beberapa lama Kaget saat bekerja, lalu Kecewa karena beberapa hal di dunia kerja tidak sesuai dengan harapannya, lalu Keluar dari perusahaan, dan kemudian karyawan tersebut Kembali karena di perusahaan lain ternyata tidak lebih baik.

Kagum
Rasa kagum biasanya muncul pada fresh graduate. Calon karyawan baru merasa kagum pada perusahaan yang akan dituju sehingga timbul ekspetasi yang mungkin berlebihan. Menerka-nerka yang berlebihan atau juga mendapat info yang keliru dari informan yang salah.

Kaget
Saat menjadi karyawan di perusahaan tersebut benih-benih kaget akan bermunculan. Apalagi jika saat bekerja dan istirahat makan siang atau diluar jam kerja ngobrol dengan karyawan lama yang terkadang memberikan intermezo yang dilebih-lebihkan yang cenderung negatif. 

Kecewa
Terlebih jika bertemu dan berinteraksi dengan gerombolan karyawan "sakit hati". Maka rasa kaget akan berubah menjadi rasa kecewa. Rasa kecewa ini muncul dikarenakan ketidaksesuaian rasa kagum di awal akan masuk di perusahaan.

Keluar
Akumulasi rasa kecewa ini akan menggunung seperti bola salju yang semakin lama semakin membesar. Sehingga akan muncul aksi nekat yaitu keluar dari perusahaan. Resign baik-baik ataupun juga keluar tanpa pamit juga pernah penulis jumpai.

Kembali
Namun setelah bekerja dan mencoba peruntungan di perusahaan lain dan menimbang-nimbang dan membanding-bandingkan perusahaan sekarang dengan perusahaan yang sebelumnya, maka akan muncul kesimpulan bahwa bekerja dimana-mana sama. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan mungkin baru terasa bahwa di perusahaan lama sebelumnya ternyata lebih baik. Dan menyesal telah keluar. Lalu muncul ingin kembali ke perusahaan lama. Dan beberapa memang ada yang masuk kembali, bahkan tidak hanya sekali kembali, ada juga yang keluar 2x dan kembali 2x. Sampai-sampai kita beru julukan S2 bagi yang keluar dan kembali lagi dan julukan S3 bagi yang sudah keluar 2x dan kembali 2x ke perusahaan lama.