Friday, September 21, 2018

AC Bocor Setelah Dicuci

Setelah terakhir mengalami AC Indoor Menetes 5 tahun lalu, yaitu sekitar tahun 2013, kali ini AC di rumah mengalami hal serupa. Kejadiannya mirip yaitu setelah AC diservis atau setelah AC dicuci oleh teknisi, pada malam harinya AC indoor menetes saat 5 menit setelah dinyalakan.

Pada umumnya AC menetes dikarenakan kotor atau selang pembuangan terlepas.

Tapi AC di rumah ini sebelum dicuci tidak mengalami kebocoran atau menetes, tapi tepat setelah dicuci kemudian bocor atau menetes. Hal ini dikarenakan terjadi penyumbatan pada pembuangan AC oleh kotoran atau lendir sehingga menghambat saluran drain AC.

AC setelah dicuci seharusnya kotoran terbawa air, namun jika tidak sepenuhnya keluar melewati selang pembuangan, maka kotoran atau lendir ini menumpuk pada selang pembuangan AC.

Untuk mengatasi kebocoran AC sehingga menetes tersebut, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan, berikut adalah langkah-langkah menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC) :
  1. Cabut steker sumber listrik atau sekering agar lebih aman.
  2. Buka tutup cover AC indoor.
  3. Cari lubang drain air kondensat, kemudian pasang selang kecil.
  4. Tiup atau semprot selang menggunakan air
  5. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih, indikatornya adalah lihat pada pipa drain di bawah terlihat gumpalan kotoran.
  6. Setelah selesai rakit kembali unit Indoor.