Saturday, November 30, 2019

Regresi Tak Terhingga


An infinite regress in a series of propositions arises if the truth of proposition P1 requires the support of proposition P2, the truth of proposition P2 requires the support of proposition P3, and so on, ad infinitum. 
Regresi Tak Terhingga dalam serangkaian proposisi muncul jika kebenaran proposisi P1 membutuhkan dukungan proposisi P2, kebenaran proposisi P2 membutuhkan dukungan proposisi P3, dan seterusnya, ad infinitum.

Ini berarti, setiap proposisi dalam rantai bergantung pada premis sebelumnya. Setiap proposisi, tergantung pada nilai kebenaran dari premis sebelumnya. Jika setiap tautan dalam rantai itu benar, maka kita dapat memercayai kesimpulannya.

Ini seperti menambahkan jumlah tak hingga 0 untuk mencoba mendapatkan 1. Ini tidak akan pernah berhasil, tidak peduli berapa banyak nol yang Anda tambahkan bersama.

Sehingga infinite regress atau regresi tak terbatas tidak mungkin, dan kemustahilan pada seri semacam itu, maka bisa kita simpulkan penggerak pertama tidak bergerak hanya bisa menjadi Tuhan.



Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Infinite_regress
http://steve-patterson.com/the-logic-of-the-infinite-regress/
https://www.informationphilosopher.com/knowledge/infinite_regress.html
https://plato.stanford.edu/entries/infinite-regress/
https://www.kompasiana.com/balawadayu/5bc94e30c112fe2c074c2bd8/summa-theologica-aquinas-3?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts