Friday, November 22, 2019

Humidity


Suhu berbanding terbalik dengan kelembapan udara. Semakin tinggi suhu, semakin banyak uap air yang terkandung, artinya semakin tinggi kelembaban, Suhu dinyatakan dengan celcius, humidity atau kelembaban dinyatakan dengan RH.. %. Kelembaban udara berhubungan dengan kandungan air, dimana semakin tinggi suhu suatu udara maka semakin rendah kelembaban udara. Sebaliknya, semakin rendah suhu udara maka kelembaban yang dimiliki pun semakin tinggi.

Tekanan udara berbanding lurus dengan tingkat kelembaban udara. Semakin tinggi tekanan udara di suatu tempat maka udara tersebut semakin memiliki kelembaban yang tinggi. hal ini karena udara yang ada jumlahnya terbatas.

Semakin tinggi suatu tempat, maka udara terasa lebih dingin, yang disebabkan oleh kandungan uap air yang ada di wilayah ketinggian lebih banyak. Sehingga semakin tinggi suatu tempat maka kelembaban udaranya pun semakin tinggi, dan sebaliknya, semakin rendah suatu tempat maka kelembaban udaranya pun semakin rendah.

Pergerakan angin berpengaruh bagi kelembaban udara. Karena angin dapat mempengaruhi proses penguapan pada sumber air dan menjadi salah satu faktor dalam pembentukan awan.

Indonesia berada di daerah tropis negara dengan iklim udara memiliki kelembapan yang tinggi, namun penggunaan AC di dalam ruangan dapat membuat udara kering karena kelembapannya rendah. Idealnya, kelembaban udara harus dijaga dalam kisaran 45%-65% (RH). RH adalah Relative Humidity yaitu tingkat kelembaban udara.

Air Conditioner (AC) adalah alat penyejuk atau pendingin ruangan untuk menurunkan suhu panas. Sedangkan Humidifier atau alat Pelembap udara bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara, sehingga kelembapan udara di ruangan tersebut bertambah.
Jika tingkat kelembaban cenderung tinggi atau berada di atas 65% (RH), maka diperlukan dehumidifier (penyerap udara lembab) untuk mengembalikan tingkat kelembaban ke tingkat ideal. Sebaliknya, jika hasilnya cenderung rendah atau di bawah 45% (RH) maka dibutuhkan humidifier (pelembab udara).


Sumber :
https://www.higienis.com/index.php/blog/humidity-guide/
http://www.worksafesask.ca/prevention/environmental-risks/humidex/
https://www.alodokter.com/ketahui-manfaat-humidifier-untuk-kesehatan
https://www.medicalogy.com/blog/standar-kelembapan-udara-yang-baik-bagi-kesehatan/
https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/faktor-yang-mempengaruhi-kelembapan-udara
https://www.liputan6.com/health/read/3653770/sudah-pakai-ac-masih-perlu-pasang-pelembap-udara
https://www.kompasiana.com/higienisindonesia/5d3a73f60d8230658e3fb542/panduan-tingkat-kelembaban-ideal?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts