Sunday, November 3, 2019

Perbedaan Tawon dan Lebah


Tawon (wasp) dan lebah madu (bee) merupakan keluarga serangga Hymenoptera, dan sama-sama termasuk dalam subordo Apocrita sehingga mereka memiliki pinggang yang kecil. Namun keduanya jenis hewan yang berbeda. Lebah madu adalah serangga penyengat yang bisa diternakkan atau dipelihara. Sementara tawon adalah pemangsa alami yang lebih agresif.

Bentuk tubuh tawon dan lebah madu berbeda.

Ukuran lebah madu sekitar 2,54 sentimeter. Beberapa di antaranya memiliki tubuh yang pernuh dengan warna hitam. Sedangkan lebah madu lainnya berwarna hitam atau cokelat dengan garis yang berwarna oranye atau kuning.

Lebah madu tubuhnya berbulu, sedangkan tawon biasanya memiliki kulit yang halus dan berkilau. Tawon memiliki pinggang yang kecil dengan empat sayang yang berwarna cerah. Pola tubuhnya juga mirip dengan lebah madu, yaitu berwarna hitam dan kuning.

Bulu dari lebah membantu untuk mengumpulkan serbuk sari selagi mereka minum sari bunga. Sementara itu, bentuk tubuh tawon seperti Vespula yang lebih silinder membuat serangga ini lebih aerodinamis sehingga cocok untuk bermanuver di udara dan menyergap mangsanya.

Koloni lebah madu dapat memiliki populasi lebih dari 75.000. Sedangkan koloni tawon lebih sedikit, hanya 10.000 ekor. Ratu tawon biasanya bekerja membangun sarang atau koloni mereka. Sementara itu, yang menciptakan dan memelihara sarang lebah madu adalah jenis lebah pekerja.

Lebah adalah serangga vegetarian yang meminum sari atau nektar bunga. Mereka kemudian memproduksi madu yang kaya akan protein dan karbohidrat sehingga dapat dikonsumsi oleh manusia dan mamalia lain.

Sebaliknya, tawon memangsa serangga lain, seperti ulat dan lalat, meskipun mereka juga bisa minum sari bunga. Lalu, sekalipun tawon juga memproduksi madu, jumlahnya jauh lebih kecil daripada lebah dan kebanyakan dikonsumsi oleh larva mereka sendiri.

Tawon tidak menghaslikan madu, sedangkan lebah madu mampu menghasilkan serta menyimpan madu dalam jumlah yang cukup banyak di sarangnya.

Lebah madu hanya bisa menyengat sekali, setelah menyerang ia akan mati. Sedangkan tawon dapat menyengat berkali-kali.


Sumber :
https://www.catseyepest.com/difference-between-bees-wasps
https://bobo.grid.id/read/08678373/apa-perbedaan-tawon-dan-lebah?page=all
https://sains.kompas.com/read/2019/05/20/180500723/jangan-sampai-salah-lagi-kenali-bedanya-lebah-dengan-tawon?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts