Sunday, November 17, 2019

Long Span LRT

Long Span LRT Gatsu-Kuningan Terpanjang di Dunia


Long Span LRT Gatsu-Kuningan adalah jembatan lengkung bentang panjang Kuningan pada proyek LRT Jabodebek di persimpangan Jalan HR Rasuna Said Kuningan dan Jalan Gatot Subroto (Gatsu). Longspan atau bentangan beton panjang menjadi salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia.

Jenis jembatan yang diresmikan ialah tipe box girder beton dengan radius lengkung 115 meter. Kemudian, panjang bentang utama 148 meter dan beban pondasi pengujian 4.400 ton. Cukup rumit karena jembatan ini melayang di atas flyover dan melengkung pula di ketinggian.

Material beton yang digunakan mempunyai berat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Besi yang digunakan sejumlah 2.929,7 ton atau setara dengan lebih lima kali berat pesawat Airbus A-380.

Metode yang digunakan adalah concentrate box grider balance cantiviler.

Insinyur dan kontraktor yang berhasil merancang dan membangun jembatan LRT adalah Arvila Delitriana.

Proyek ini mengukir dua rekor dari Museum Rekor Indonesia, yaitu sebagai jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan sebagai jembatan dengan pembebanan axial static loading test terbesar.


Sumber :
https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4779491/terpanjang-di-dunia-long-span-lrt-gatsu-kuningan-akhirnya-nyambung
https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4784350/jokowi-banggakan-lrt-jabodebek-dirancang-perempuan-dan-cetak-rekor
https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4788485/insinyur-dina-ogah-patenkan-longspan-lrt-jabodebek-terpanjang-dunia

No comments:

Post a Comment

Related Posts