Thursday, November 28, 2019

AQR-D270

Artikel ini sambungan dari artikel sebelumnya, yaitu mengenai kulkas. Tetap dengan spesifikasi kulkas 2 pintu. Sebelumnya aku sudah pernah menggunakan kulkas dengan merk Toshiba dan Panasonic.


Dan yang sekarang aku pilih adalah kulkas atau lemari es 2 pintu AQUA Japan dengan tipe AQR-D270. Beberapa keunggulannya adalah Full Insulation, No Frost, Extra Large Vegetable Box, Tempered Glass Tray, Detachable Cosmetic Box and 7 Years Warranty.

Kulkas ini menggunakan teknologi Multiflow Cooling System dan hemat energi (60 Watt/hr) dengan daya tahan yang tangguh terhadap goresan dan karat. Total kapasitas / volume 220 L, dengan dimensi 540 x 655 x 1530.

Warna yang aku pilih adalah yang Dark Silver.

Adalah produsen peralatan rumah tangga elektronik, Haier Asia Company Ltd resmi mengganti produk Sanyo menjadi Aqua. Pabrik Haier terletak di Cikarang, memproduksi lemari es atau kulkas dengan merek Aqua.

Pada tahun 2014, kapasitasnya 850 ribu unit, dan targetnya tahun 2015 adalah 1 juta unit. Dari jumlah tersebut, sebanyak 65 persen lemari es dialokasikan untuk pasar dalam negeri. Sementara sisanya diekspor ke luar Indonesia antara lain ke Malaysia, Thailand, Jepang, dan bahkan ke Nigeria.

Produk Aqua di Indonesia yang menjadi andalan adalah lemari es dan mesin cuci. Komposisinya 45-50 persen untuk lemari es, 30 persen mesin cuci, dan sisanya televisi dan pendingin ruangan. Dari komposisi tersebut, penjualan lemari es sebanyak 50.000 unit-70.000 unit dan mesin cuci kurang dari 50.000 unit.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa produsen alat elektronik asal China yaitu Haier Group Corporation mengakuisisi produk-produk elektronik Sanyo Electric Co, Ltd asal Jepang.

Produk Sanyo yang diambil alih oleh Haier adalah mesin cuci, AC, oven microwave, vacuum cleaners, kipas listrik, rice cooker, coffee maker, blender/juicer, hand mixer, toaster, seterika, dispenser/water cooler, dan televisi berwarna.

Haier Group merupakan perusahaan peralatan elektronik konsumen dan rumah tangga multinasional yang berpusat di Qingdao, Shandong, China. Pada 2010, pendapatan global perusahaan mencapai US$ 20,7 miliar.

Sehingga nantinya Haier, akan menggunakan dua merek yakni Haier dan Sanyo dalam memasarkan produknya di Indonesia. Strategi ini adalah bagian dari persetujuan akuisisi Haier terhadap Sanyo. Di pasar domestik, merek Haier ditujukan untuk produk peralatan rumah tangga (white goods) kelas menengah ke atas. Sedangkan, merek Sanyo untuk produk entry level hingga kelas menengah.

Penggunaan dua merek ini telah dilakukan di Jepang yakni dengan merek Haier dan Aqua. Strategi dual brand tersebut telah dilakukan sejak awal tahun ini di negara sakura tersebut. Merek Sanyo akan dikhususkan bagi produk peralatan elektronik rumah tangga kelas entry level hingga menengah. Ini dilakukan karena merek Sanyo telah mempunyai image sebagai produk yang terjangkau.

Di Indonesia, PT Sanyo Indonesia dan PT Sanyo Sales Indonesia telah menjadi bagian dari Haier Indonesia. Nama kedua perusahaan tersebut menjadi PT Haier Electrical Appliances Indonesia dan PT Haier Sales Indonesia. Operasi Haier Indonesia didukung oleh lebih dari 1.000 karyawan, yang memproduksi kulkas dengan kapasitas 600.000 unit per tahun dan mesin cuci sebesar 150.000 unit per tahun.


Sumber :
http://www.taufanyanuar.com/2019/11/kulkas.html
https://aquajapanid.com/product/detail/149/AQR-D270
https://properti.kompas.com/read/2015/09/22/170000821/Tahun.Depan.Haier.Produksi.Kulkas.Aqua.Satu.Juta.Unit.
https://finance.detik.com/industri/d-1691756/haier-china-caplok-sanyo-electric-jepang
https://money.kompas.com/read/2012/07/16/13212548/di.indonesia.haier.pakai.dua.merek.

No comments:

Post a Comment

Related Posts