Tuesday, November 26, 2019

Kulkas

Kulkas yang ada di rumah merupakan kulkas dengan tipe Freezer Bawah. Dengan pertimbangan dulu anak-anak masih balita, sehingga jika menyimpan dan mengambil es krim bisa dengan mudah dibandingkan jika dengan kulkas tipe Freezer Atas.

Kelebihan lainnya menggunakan kulkas Freezer Bawah adalah lebih nyaman dalam penggunaan sehari hari apabila anda jarang membuka freezer karena secara umum kita lebih banyak mengakses makanan non beku pada bagian pendingin daripada makanan beku pada bagian freezer

Sedangkan kekurangan kulkas Freezer Bawah adalah kurang cocok apabila anda memiliki masalah pada punggung dan pinggang karena anda akan memerlukan jongkok dan membungkuk untuk mengakses makanan beku pada freezer bagian dalam. Kekurangan lainnya adalah lebih sedikit pilihan tipe dan model dan secara umum lebih mahal.

Seperti perangkat dan peralatan rumah tangga lainnya, lemari pendingin atau kulkas juga mempunyai masa pakai. Yaitu disarankan untuk segera mengganti kulkas yang berusia antara 10-20 tahun.

Kulkas di rumah sudah berusia hampir 10 tahun.


Selain dari usia, kita juga bisa mengidentifikasi kulkas sudah waktunya untuk diganti dengan memperhatikan tanda-tanda berikut :.

Mengeluarkan air, yaitu jika kulkas mengeluarkan air yang berlebihan pada bagian luar atau terbentuk es pada freezer hingga pintu kulkas.
  1. Suara mesin kulkas yang keras, mesin kulkas tidak selalu bekerja dalam kecepatan maksimal kecuali pintu kulkas sering dibuka-tutup. 
  2. Kulkas menjadi sangat panas, hawa panas pada kulkas menandakan sistem ventilasi bekerja dengan baik. Namun, panas yang berlebihan menandakan kulkas mengalami gangguan.
  3. Makanan lebih cepat basi, jika makanan di kulkas lebih cepat rusak atau Anda merasa kulkas lebih lama dingin, berarti mesin kulkas bekerja lebih keras dibanding biasanya. Segera reparasi atau ganti dengan kulkas baru. 

Hal-hal diatas dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu misalnya :
  1. Bunga es adalah penyebab utama kulkas tidak dingin, bunga es yang sudah terlalu tebal dan menutupi bagian lubang angin. Lubang angin berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. 
  2. Menyimpan makanan panas mengakibatkan kulkas tidak dingin, 
  3. Kulkas tidak dingin bisa disebabkan oleh stop kontak
  4. Freon juga menjadi faktor yang menyebabkan kulkas tidak dingin, freon bocor atau habis bisa diketahui dengan memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas.
  5. Kondisi pintu kulkas juga pemicu kulkas tidak dingin lagi, berkali-kali dalam sehari dibukanya pintu kulkas bisa menyebabkan karet pintu kulkas tidak lagi berfungsi dengan baik. Jika karet pintu kulkas sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka kulkas tidak tertutup sempurna. Jika penutupnya kurang rapat, maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.

Untuk mengganti kulkas yang lama, maka kita akhirnya putuskan untuk membeli kulkas baru. Agar kulkas awet, maka kita perlu melakukan perawatan sederhana. Caranya tidak terlalu rumit, yaitu diantaranya sebagai berikut :
  1. Pintu Kulkas Harus Selalu Tertutup Rapat, dengan menutup pintu kulkas secara rapat, itu artinya kita menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin dan mencegah kebocoran udara.
  2. Isi Kulkas Sesuai Kapasitas, jangan mengisi kulkas dengan barang-barang yang jumlahnya melebihi kapasitas. Semakin banyak barang yang berada di dalam kulkas, maka sirkulasi udara di dalam kulkas jadi berkurang. Akibatnya, suhu di dalam kulkas jadi tidak seberapa dingin.Hindari meletakkan barang-barang besar, seperti botol besar di rak yang berada di bagian depan pintu kulkas. Beban dari botol yang terlalu berat dapat membuat pintu kulkas cepat rusak. Memasukkan banyak makanan melebihi kapasitasnya tidak hanya membuat makanan cepat basi dan berjamur, tetapi juga bisa merusak mesin pada kulkas. Apalagi kulkas membutuhkan sirkulasi udara di dalamnya. 
  3. Hindari Memasukkan Makanan dan Minuman yang Masih Panas, Hal ini sebenarnya cukup berbahaya, terutama bila Anda menggunakan wadah kaca, karena dapat mengacaukan temperatur suhu lemari es. 
  4. Tempat Meletakkan Kulkas, berikan jarak 20cm antara bagian belakang kulkas dengan dinding. Hal ini berguna untuk memberikan sirkulasi udara pada kondensor.
  5. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas, lakukan pembersihan kulkas secara berkala.
  6. Pembersihan pada Kondensor, kondensor yang sudah tidak dibersihkan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tentu saja kondensor akan tertutup dengan debu, penumpukan debu ini dapat membuat pelepasan panas dari kondensor tidak maksimal. Bersihkan kondensor dengan kain lap ketika Anda membersihkan bagian dalam kulkas.

Sumber :
https://www.arjunaelektronik.com/panduan/panduan-membeli-kulkas-2/kulkas-freezer-atas-atau-kulkas-freezer-bawah-mana-yang-lebih-cocok-untuk-anda/
https://cantik.tempo.co/read/854417/kulkas-juga-punya-masa-pakai-cek-tandanya
https://www.dekoruma.com/artikel/69689/penyebab-kulkas-tidak-dingin
https://bacaterus.com/cara-merawat-kulkas/

No comments:

Post a Comment

Related Posts