Tuesday, December 10, 2019

Kompresor AC

Selain Kebersihan AC Rumah yang harus senantiasa dirawat dan dibersihkan, jangan lupa juga untuk memeriksa bagian-bagian dan komponen-komponen yang ada di AC, baik yang indoor maupun yang outdoor, termasuk salah satunya adalah kompresor.

Kompresor adalah komponen utama pada mesin pendingin. Kompresor merupakan pengatur sirkulasi Freon ac dalam system dengan cara memompakan Freon ac tersebut mengalir dari unit outdoor menuju unit indoor dan kembali ke unit outdoor. Kompresor AC rusak menyebabkan unit AC tidak bekerja menghasilkan pendinginan ruangan atau dengan kata lain ac mati atau ac panas.

Komponen kompresor pada AC sangat penting untuk mengatur aliran freon AC yang nantinya berguna untuk menghasilkan suhu dingin. Kerusakan pada komponen ini akan berdampak besar bagi fungsi AC, sehingga AC tidak lagi dapat mengeluarkan udara dingin.


Ada beberapa penyebab dari kerusakan kompresor AC.

Tegangan Listrik, AC bekerja dengan optimal apabila tegangan dan suplai arus listrik sesuai dengan kebutuhan AC. Suplai listrik yang tidak berimbang antara kebutuhan AC dengan suplai yang ada, bisa mengakibatkan masalah dalam fungsi AC. Bagian yang paling terdampak adalah kumparan pada motor kompresor AC.

Kompresor Kekurangan Oli, kompresor AC juga membutuhkan oli. Adanya oli pada kompresor berguna untuk menjadi pelumas bagian piston. Oli yang kurang atau bahkan habis, akan menimbulkan kebocoran pada pipa, kondensor, atau evaporator.

Kebocoran, bisa berakibat buruk pada kompresor. Hal ini karena kompresor menjadi mudah panas yang bisa menyebabkan kumparan motor terbakar hingga rusak. Oleh karena itu, selalu lakukan pengisian oli untuk kompresor dan gunakan oli yang standarnya sesuai dengan pabrik.

Tekanan yang Berlebih, sudah ada standar tekanan yang bisa ditangani oleh kompresor AC untuk setiap AC dari tipe yang berbeda. Namun, kesalahan dalam jumlah tekanan AC yang tidak seimbang dengan kemampuan kompresor akan menambah beban kompresor. Beban dan kinerja kompresor yang berlebihan dalam memompa freon akan menyebabkan kerusakan pada putaran kompresor atau kumparan terbakar.

Adanya Sumbatan, sumbatan pada aliran freon akan memperberat kinerja kompresor. Sumbatan akan membuat sistem pompa pada kompresor menjadi makin berat dan tidak efektif. Beban berat ini terjadi karena sumbatan kotoran membuat aliran yang dipompa kompresor menjadi tidak berimbang. Jadinya kompresor dipaksa untuk menambah beban tekanan supaya aliran bisa sesuai.

Kompresor Sudah Terlalu Lama, kebanyakan benda atau komponen elektronik biasanya akan berkurang kemampuannya bila sudah lama digunakan. Kompresor AC akan mengalami penurunan fungsi ketika sudah berusia antara 5-10 tahun. Kompresor AC yang sudah lama dipakai akan mengalami aus pada bagian piston. Hal ini bisa diketahui dari bagian evaporator yang sudah tidak dingin, arus yang kecil, dan tekanan freon yang berkurang. Selain dari masalah aus, usia kompresor yang sudah lama juga bisa memunculkan karat pada kompresor. Adanya karat pada kompresor jelas akan mengurangi fungsi kerjanya. Karat pada kompresor AC akan menimbulkan kebocoran yang berakibat pada rusaknya AC.

Kesalahan dalam Pengisian, salah dalam mengisi oli atau refrigeran dapat menjadi penyebab rusaknya kompresor. Hal ini dikarenakan pengisian kedua bahan tersebut haruslah sesuai dengan standar dari pabrik. Kesalahan pengisian oli dan refrigeran akan menjadikan komponen pada kompresor rusak karena tidak cocok dengan bahan yang digunakan.


Sumber :
https://www.accalls.co.id/blog/kompresor-ac-rusak-ini-penyebab-dan-solusinya/
https://acdaikin.com/penyebab-kerusakan-kompresor-ac/

No comments:

Post a Comment

Related Posts