Saturday, December 28, 2019

Bayar Pajak Kendaraan Lewat dari Jatuh Tempo

Sepeda motor Kaze yang jatuh tempo di bulan November, hampir selalu terlupa. Hal ini pernah terjadi pada tahun 2014 lalu sehingga menjadi Pengalaman Membayar Pajak STNK yang tidak terlupakan. Sehingga akhirnya baru bayar pada bulan Desember saat liburan menjelang Tahun Baru.

Edisi bayar pajak STNK sepeda motor Kaze tahun 2019 ini ternyata lupa lagi. Beruntung baik bayar pajak tahun 2014 dan 2019 ini adalah pajak tahunan.

Membayar Pajak 5 Tahunan STNK sudah pernah aku lakukan sendiri pada tahun 2015 lalu dan pada tahun 2018 lalu, yaitu Pengalaman Ganti Plat & STNK. Dan pernah juga pengalaman mengurus Blokir STNK dikarenakan sesuatu hal.

Kembali kepada bayar pajak sepeda motor Kaze yang sudah lewat dari jatuh tempo.

Pertama-tama pastikan persyaratan sudah lengkap dan pastikan sudah dibawa sebelum berangkat. Karena pada siang hari ini aku sudah pede dan berangkat ke Samsat Kenjeran, namun sampai di Loket 1 Pendaftaran ternyata STNK ketinggalan.

Sehingga mengharuskan aku untuk kembali ke rumah. Beruntung dari Samsat Kenjeran ke rumah tidak terlalu jauh, tidak sampai 10 menit perjalanan. Mari kita rangkum pengalaman membayar pajak atau STNK kendaraan berupa sepeda motor yang sudah lewat dari jatuh tempo ini.

Pukul 10.09 pertama-tama kita menuju Loket 1 Pendaftaran, kita berikan berkas dokumen STNK bersama KTP yang sama dengan nama yang tertera pada STNK. Di situ akan diperiksa oleh petugas yang ada disana. Jika sudah sesuai, kita disuruh duduk untuk menunggu.

Pukul 10.15, sekira 5 menit nama kita akan dipanggil. Kita menuju ke Loket 2 Pembayaran untuk membayar uang sejumlah pajak STNK yang disebutkan oleh petugas. Setelah kita membayar, bukti bayar STNK akan diberikan beserta STNK.

Setelah itu, kita diarahkan oleh petugas untuk menuju loket berikutnya.

Pukul 10.16, loket selanjutnya berada di pintu luar sebelah kanan, yang bertujuan untuk mendapatkan stempel yang akan dibubuhkan di kertas STNK kita.

Selesai. Total hanya 7 menit.

Cukup mudah dan tidak ribet, asalkan persyaratan sudah lengkap dan tentunya kita bawa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts