Wednesday, October 31, 2018

Pengalaman Ganti Plat & STNK

Sebelumnya aku pernah punya Pengalaman Membayar Pajak STNK, namun sekarang tidak sekedar membayar pajak STNK namun juga mengganti plat.

Aku berangkat dari rumah sekitar pukul 07.00. Perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 30 km, namun aku tempuh dengan pelan-pelan saja, sehingga sampai di Samsat sekitar pukul 08.30. Dari sana aku parkir sepeda motor. Biaya parkir adalah Rp 3.000.

Saat parkir di area parkiran tersebut banyak sekali calo yang berusaha "membantu" untuk menguruskan perpanjangan STNK sekaligus ganti plat tersebut. Dengan dibumbui bahwa mengurusnya nanti bakal lama karena harus ganti plat.

Namun dengan halus aku tolak. Kemudian aku pergi menuju gedung Samsat utama yang berada di depan.

Pukul 08.30 aku bertanya ke bagian informasi yang diisi oleh anak sekolah yang sedang magang. Hal ini terlihat saat aku tanya, dia masih bertanya dulu kepada orang lain yang lebih senior. Dari tempat informasi tersebut aku diarahkan ke Loket Informasi yang berada di belakang gedung.

Kemudian aku menuju Loket Formulir, setelah aku terima map yang berisi beberapa formulir aku membayar Rp 20.000 sesuai dengan angka yang disebutkan oleh petugas.

Selanjutnya adalah melakukan Cek Fisik, yaitu melakukan gosok nomor bodi sepeda motor dan gosok bodi mesin. Setelah melakukan cek fisik, aku beri tips buat petugasnya sebesar Rp 5000. Kemudian berkas di map dibubuhi Stempel, lalu lanjut ke Loket Pengesahan.

Selanjutnya adalah melakukan Fotocopy, tidak perlu bingung berkas apa saja yang perlu fotocopy, tidak perlu bingung berapa kali berkas tersebut di fotocopy, karena kios fotocopy disana sudah hafal, biayanya adalah Rp 5.000.

Pukul 09.05, berikutnya adalah menuju Loket Pendaftaran. Antrian cukup panjang, dimana aku mendapatkan nomor antrian 40, sedangkan yang baru dilayani adalah nomor 10. Jadi mulai pukul 9.10 aku sabar untuk menunggu.

Akhirnya pukul 10.45 tiba giliranku, aku menuju Kasir 4, untuk membayar biaya sejumlah Rp 327.000.

Lalu pukul 10.50 menunggu dipanggil dari Loket 2 : Penyerahan STNK. Dan pukul 11.00 akhirnya STNK aku terima. Berikutnya pindah ruangan untuk antri mengambil plat, pada pukul 11.05, dan akhirnya pukul 11.30 usai sudah penantian dan proses ganti plat dan STNK.