Sunday, April 4, 2021

Teman Atasan Gajian dan Peran

Tanggal 4 April 2005 akan selalu aku kenang dalam hidup. Karena pada tanggal tersebut merupakan Debut Hari Pertama Bekerja yang benar-benar full time, bukan kerja yang part time atau pun bukan kerja dengan konsep Coop atau magang. 

Dan tahun 2021 ini berarti sudah 16 tahun aku berkarier.

Mulai dari bidang Logistic, Production hingga Engineering. Mulai dari bagian Manufacturing hingga Fashion. Mulai dari Jakarta, Batam hingga Surabaya.

Ada beberapa faktor yang aku timbang sebelum aku putuskan untuk bertahan atau pindah dari tempat kerja. Yaitu diantaranya 

  1. Keluarga
  2. Malas beradaptasi lagi
  3. Nyaman dengan suasana tempat kerja
  4. Atasan yang baik
  5. Rekan kerja yang baik
  6. Gaji tinggi
  7. Jenjang karier
  8. Apresiasi dari perusahaan
  9. Kesempatan untuk mengembangkan potensi diri
  10. Jarak kantor dekat dari rumah

Tentunya faktor yang paling utama dan pertama adalah keluarga. Namun yang lebih fokus setidaknya ada 4 hal bagiku. Yaitu TAGPan Teman, Atasan, Gajian dan Peran.

Punya atasan dan rekan kerja yang baik hati, saling menghargai, dan sudah berasa seperti keluarga, akan sangat berat untuk meninggalkannya. Apalagi jika sudah bekerja selama bertahun-tahun. Kehilangan satu ‘anggota keluarga’ di tempat kerja, sedihnya bisa berlarut-larut. 

Berbeda jika kita punya bos yang killer, tidak pengertian, dan rekan kerja yang ‘toxic’ banget.

Gaji tentunya juga merupakan alasan lain seseorang bertahan atau pindah kantor kerja. Penghasilan besar, apalagi jika dibandingkan dengan perusahaan lain. Memang jika resign dan pindah ada kemungkinan kenaikan gaji. Namun jika gaji di kantor baru nantinya cuma naik tipis, lebih baik bertahan pada pekerjaan di perusahaan sekarang.  

Di beberapa kantor ada program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan atau pelatihan guna meningkatkan skill dan kompetensi. Ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan diri. Ini merupakan salah satu faktor peran.

Peran kita dihargai dan dalam bentuk apresiasi dari perusahaan kepada karyawan yang memenuhi target. Apresiasi ini dilakukan setiap tahun berdasarkan aturan penilaian kepada karyawan. 

Peran kita juga dihargai jika setelah sekian tahun kita diangkat jadi mendapat promosi jabatan atau kenaikan pangkat menjadi kepala bagian, supervisor, atau manajer.


No comments:

Post a Comment

Related Posts