Saturday, October 20, 2018

Teman Atasan dan Gajian

Tanggal 4 April 2005 akan selalu aku kenang dalam hidup. Karena pada tanggal tersebut merupakan Debut Hari Pertama Bekerja yang benar-benar full time, bukan kerja yang part time atau pun bukan kerja dengan konsep Coop atau magang. 

Dan tahun 2018 ini berarti sudah 13 tahun aku berkarier.

Mulai dari bidang Logistic, Production hingga Engineering. Mulai dari bagian Manufacturing hingga Fashion. Mulai dari Jakarta, Batam hingga Surabaya.

Ada beberapa faktor yang aku timbang sebelum aku putuskan untuk bertahan atau pindah dari tempat kerja. Yaitu diantaranya 

  1. Keluarga
  2. Malas beradaptasi lagi
  3. Nyaman dengan suasana tempat kerja
  4. Atasan yang baik
  5. Rekan kerja yang baik
  6. Gaji tinggi
  7. Jenjang karier
  8. Apresiasi dari perusahaan
  9. Kesempatan untuk mengembangkan potensi diri
  10. Jarak kantor dekat dari rumah

Tentunya faktor yang paling utama dan pertama adalah keluarga. Dari obrolan saat Kopdar dengan rekan-rekan, setidaknya ada 3 hal utama, yaitu Teman, Atasan, dan Gajian.

Punya atasan dan rekan kerja yang baik hati, saling menghargai, dan sudah berasa seperti keluarga, akan sangat berat untuk meninggalkannya. Apalagi jika sudah bekerja selama bertahun-tahun. Kehilangan satu ‘anggota keluarga’ di tempat kerja, sedihnya bisa berlarut-larut. 

Berbeda jika kita punya bos yang killer, tidak pengertian, dan rekan kerja yang ‘toxic’ banget.

Gaji tentunya juga merupakan alasan lain seseorang bertahan atau pindah kantor kerja. Penghasilan besar, apalagi jika dibandingkan dengan perusahaan lain. Memang jika resign dan pindah ada kemungkinan kenaikan gaji. Namun jika gaji di kantor baru nantinya cuma naik tipis, lebih baik bertahan pada pekerjaan di perusahaan sekarang.  

No comments:

Post a Comment

Related Posts