Tuesday, October 16, 2018

Facebook Business Manager

Facebook Page dan Facebook Ads dapat menunjang bisnis Anda. Namun untuk mengelola kedua akun ini (Facebook Ads dan Page), kita harus mengaksesnya secara terpisah.

Pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook terkadang membutuhkan bantuan sumber daya lain (karyawan) untuk menangani Facebook Ads dan Page, sehingga untuk itu perlu membagikan akun tersebut ke beberapa pengguna lain.

Namun dengan akses bersama dalam satu login, hal itu akan berisiko besar, karena Facebook bisa menganggap akun Anda telah di-hack karena beberapa login dari komputer yang berbeda.


Facebook Business Manager dapat membantu kita dalam mengelola akun iklan secara bersama-sama dalam satu tempat, sekaligus juga dapat mengontrol informasi apa saja yang diakses oleh tim. Untuk menggunakan Facebook Business Manager kita maka setiap pengguna perlu login ke Facebook Business Manager menggunakan akun Facebook pribadi masing-masing.

Manfaat Facebook Business Manager adalah sebagai berikut :
  1. Lebih praktis untuk mengelola account ads, Facebook Page, serta aplikasi lain dalam satu tempat akses.
  2. Memberi tingkat akses yang tidak sama pada pemakai, berdasar pada keperluan manajemen bisnisnya.
  3. Mempunyai satu account sumber dana untuk cara pembayaran Anda.
  4. Mengelola izin dengan gampang.
  5. Mengatur Facebook Page serta account ads dalam satu keperluan.


The downside adalah bahwa setiap pengguna harus login ke Facebook Business Manager menggunakan akun Facebook pribadinya. Jika Anda dan karyawan Anda ingin menjaga kehidupan pribadi dan profesional anda terpisah, ini jelas bukan pilihan pertama Anda.

Namun, ada solusi efektif yakni dengan cara membuat profil Facebook baru bagi karyawan dengan menggunakan alamat email kantor mereka. Kemudian mereka dapat menggunakan profil untuk login. Ini mungkin bukan solusi sempurna, tapi itu adalah satu-satunya yang tersedia.

Lalu apa perbedaan antara antara Facebook Ads Manager dengan Business Manager?

Facebook ads manager is strictly for managing and creating ad campaigns. When you’re in the ads manager, you can select which individual ad account you’d like to view under your profile or your agency’s profile depending on who owns the ad account. For example, if your agency is an ad account owner, you can add business profiles under that account and create their own ad account under your agency’s.  In ads manager, you can also check out ad campaign reports, which are super handy when you’re discussing ad performance with your clients.

Facebook ads manager secara ketat untuk mengelola dan membuat kampanye iklan. Ketika Anda berada di pengelola iklan, Anda dapat memilih akun iklan individual mana yang ingin Anda lihat di bawah profil Anda atau profil biro iklan Anda tergantung pada siapa yang memiliki akun iklan tersebut. Misalnya, jika biro iklan Anda adalah pemilik akun iklan, Anda dapat menambahkan profil bisnis di bawah akun itu dan membuat akun iklan mereka sendiri di bawah biro iklan Anda. Di pengelola iklan, Anda juga dapat melihat laporan kampanye iklan, yang sangat berguna saat Anda mendiskusikan kinerja iklan dengan klien Anda.

Facebook’s business manager saves us a lot of time, which is nice. We use it to manage business pages, manage who is an admin on those pages and can even manage ad accounts. We look at it as the hub of all Facebook management. You can request access to existing pages or ad accounts if you don’t already have access. Plus, you can customize employee’s access levels for ad accounts. There are three assets that someone can be assigned to in the business (ads) manager. Those are ad account analyst (can only see ads), ad account advertiser (can edit and manage ads), and ad account admin (can manage all aspects of campaigns). If you don’t have an ad account or business page created, you can create them in business manager, too. In business manager, you can edit permissions for the people you have set up in your account. You can see below all of the categories you can edit.

Facebook’s business manager menghemat banyak waktu, itu bagus. Kami menggunakannya untuk mengelola halaman bisnis, mengelola siapa admin pada halaman tersebut dan bahkan dapat mengelola akun iklan. Kami melihatnya sebagai pusat dari semua manajemen Facebook. Anda dapat meminta akses ke halaman atau akun iklan yang ada jika Anda belum memiliki akses. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan tingkat akses karyawan untuk akun iklan. Ada tiga aset yang dapat ditugaskan seseorang dalam manajer bisnis (iklan). Mereka adalah analis akun iklan (hanya dapat melihat iklan), pengiklan akun iklan (dapat mengedit dan mengelola iklan), dan admin akun iklan (dapat mengelola semua aspek kampanye). Jika Anda tidak memiliki akun iklan atau halaman bisnis yang dibuat, Anda dapat membuatnya di manajer bisnis juga. Di pengelola bisnis, Anda dapat mengedit izin untuk orang yang telah Anda siapkan di akun Anda. Anda dapat melihat di bawah ini semua kategori yang dapat Anda edit.


Sumber :
https://www.herosoftmedia.co.id/facebook-business-manager-cara-mudah-kelola-akun-bisnis-anda/
https://digitalmarketer.id/tools/facebook-business-manager-cara-mudah-kelola-akun-bisnis-anda-tutorial/
https://www.facebook.com/notes/wisnu-rahardjo/mengapa-facebook-business-manager/10152333409295205/
https://panduansukses.com/cara-membuat-facebook-business-manager-untuk-bisnis-anda/
https://snapshotinteractive.com/facebook-ads-manager-vs-business-manager-whats-difference/