Saturday, December 28, 2019

Jalan-jalan ke Kebun Binatang Surabaya


Kebun Binatang Surabaya (KBS) atau lebih terkenal dengan Bonbin adalah kebun binatang yang terletak di kota Surabaya pernah menjadi kebun binatang yang terlengkap se-Asia Tenggara, dimana di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang.

Kebun Binatang Surabaya ini konon mulanya bernama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin (Kebun Botani dan Binatang Surabaya) yang berdiri pada tanggal 31 Agustus 1916, berdasarkan SK Gubernur Jenderal Belanda  No. 40, atas jasa seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang memiliki hobi mengumpulkan binatang.




Dulu lokasinya berada di Kaliondo, pada tahun 1916. Kemudian pada tanggal 28 September 1917 pindah di Jalan Groedo. Dan pada tahun 1920 pindah ke daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru atas jasa Oost-Java Stoomtram Maatschapij atau Maskapai Kereta Api.

KBS berada di Jalan Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya dengan jam buka mulai pukul 08.00-16.00 saat weekdays, serta weekend pukul 07.30-16.30. Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu hanya Rp 15.000 per orang.



Pada saat liburan seperti libur akhir tahun 2019 dan menjelang tahun baru 2020, biasanya Kebun Binatang Surabaya ramai dikunjungi oleh pengunjung, baik dari dalam kota Surabaya maupun dari luar kota Surabaya.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut, kami sekeluarga pergi menuju Kebun Binatang Surabaya menggunakan moda transportasi umum, yaitu taxi online Grab Car.





Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Surabaya

No comments:

Post a Comment

Related Posts