Thursday, April 23, 2020

Santara

Equity crowdfunding adalah praktik mendanai usaha atau proyek dengan mengumpulkan uang dalam jumlah kecil dari banyak orang melalui internet dengan cara mengajukan ide untuk menjual produk dengan membuat produk ini menarik bagi cukup banyak orang sehingga proyek Anda akan didanai.

Platform equity crowdfunding (ECF) bisa dikatakan sebagai gabungan dari p2p lending dengan nuansa pasar modal. Bedanya para lender ini mengambil saham yang dijual oleh borrower dan bisa menjualnya di pasar sekunder, layaknya membeli saham di perusahaan tercatat di BEI.


Salah satu startup yang menggunakan model equity crowdfunding adalah Santara.

PT. Santara Daya Inspiratama membuat Santara di Sleman, Yogyakarta oleh Avesena Reza sebagai founder bersama rekan-rekannya, Krishna Wijaya dan Mardigu Wowiek. Santara menawarkan fasilitas perdagangan efek sebanyak 2 periode dalam 1 tahun, dengan fasilitas kepada investor berupa laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan setiap bulan demi menjaga keterbukaan informasi terhadap investor.

Misi Santara adalah meningkatkan perekonomian Indonesia melalui usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dimana di Indonesia terdapat lebih dari 60 juta pelaku UMKM atau lebih dari 90 persen dari total unit usaha dengan kontribusi terhadap perekomonian mencapai 60 persen. Dengan berkembangnya UMKM ini maka dapat membuat perekonomian Indonesia juga bisa scale up.

Crowdfunding ini juga merupakan salah satu bentuk inovasi di era revolusi industri 4.0, ada beberapa jenis tipe crowdfunding yang ada didunia saat ini, yaitu :
  • Equity Base Crowdfunding
  • Lending Base Crowdfunding
  • Reward Base Crowdfunding
  • Donation Base Crowdfunding.

Sumber :
https://www.i-bisnis.com/2020/02/equity-crowdfunding-indonesia.html
https://radarjogja.co/2019/12/27/santara-ini-teknologi-finansial-asli-jogja/
https://dailysocial.id/post/platform-equity-crowdfunding-santara
http://berita.santara.co.id/mengenal-jenis-jenis-pendanaan-kreatif-crowdfunding/

No comments:

Post a Comment

Related Posts