Friday, April 3, 2020

The next outbreak

TED (Technology, Entertainment, Design) didirikan pada Februari 1984 merupakan organisasi non profit yang menghadirkan para tokoh dunia yang mempresentasi ide dengan berbagai bidang atau latar belakang, tidak saja hanya fokus dalam melihat peluang untuk berinvestasi, tetapi juga perlu melihat peluang dimana ia akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru sehingga ia akan memiliki ide segar.

Salah satu acara adalah TEDx atau TED Talks yang secara rutin presentasi tersebut diunggah secara gratis yang didistribusikan secara online, di bawah slogan "ideas worth spreading".

Beberapa tayangan TEDx yang aku suka adalah

Dan ada satu lagi, TEDx yang disampaikan oleh Bill Gates 5 tahun lalu, yaitu tepatnya pada tanggal 03 April 2015, dengan judul "The next outbreak? We’re not ready". Bisa disimak di youtube https://youtu.be/6Af6b_wyiwI.

Bill Gates memperingatkan 5 tahun lalu mengutip pelajaran dari krisis virus Ebola Afrika Barat 2014, dan mengatakan AS dan negara-negara lain tidak siap untuk pandemi di masa depan yang akan melanda mereka.

“Jika ada yang membunuh lebih dari 10 juta orang dalam beberapa dekade mendatang, kemungkinan besar itu adalah virus yang sangat menular daripada perang,” kata Gates. “Bukan rudal, tapi mikroba.”

“Kami sebenarnya telah berinvestasi sangat sedikit dalam sistem untuk menghentikan epidemi,” katanya, menggemakan peringatan dalam beberapa tahun terakhir dari dokter penyakit menular. “Kami belum siap untuk epidemi berikutnya.”

“Kegagalan untuk mempersiapkan dapat memungkinkan epidemi berikutnya secara dramatis lebih menghancurkan daripada Ebola,” katanya. Sebuah virus “seperti flu Spanyol tahun 1918,” tambah Gates, “akan menyebar ke seluruh dunia dengan sangat, sangat cepat. Dan Anda dapat melihat lebih dari 30 juta orang meninggal karena epidemi itu. Jadi ini masalah serius. Kita harus khawatir.”

"Sekarang saya tidak memiliki anggaran pasti untuk berapa biayanya, tetapi saya cukup yakin itu sangat sederhana dibandingkan dengan potensi bahayanya," kata Gates. “Bank Dunia memperkirakan bahwa jika kita memiliki epidemi flu di seluruh dunia, kekayaan global akan turun lebih dari tiga triliun dolar dan kita akan memiliki jutaan dan jutaan kematian.”

“Tidak perlu panik,” kata Gates sebagai penutup. “Kita tidak perlu menimbun kaleng spageti atau turun ke ruang bawah tanah. Tapi kita harus pergi, karena waktu tidak di pihak kita.”

“Kita perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan diagnostik, obat-obatan, dan vaksin dengan sangat cepat,” tulis Gates. “Teknologi ada untuk melakukan ini dengan baik jika investasi yang tepat dilakukan. Negara-negara dapat bekerja sama dalam hal ini.”


Gates mencatat bahwa banyak negara bekerja selama bertahun-tahun untuk mengurangi risiko perang nuklir, dan perlu memberikan perhatian yang sama pada mobilisasi besar-besaran melawan virus pembunuh.

Gates mencatat bahwa tidak ada cukup ahli epidemiologi yang melacak penyakit atau dokter yang cukup untuk merawat pasien, catatan disimpan di atas kertas alih-alih komputer, dan kekurangan utama lainnya menghambat upaya. 

"Beruntung" wabah tersebut - yang menewaskan lebih dari 11.000 orang di Liberia, Sierra Leone, dan Guinea - sebagian besar tinggal di daerah pedesaan, katanya, atau akan jauh lebih buruk. Sementara Ebola tampaknya dikendalikan saat ini, namun lain kali "kita mungkin tidak seberuntung itu".


Sehingga dunia perlu bersiap untuk krisis kesehatan besar berikutnya. Menurutnya, banyak alat teknologi yang bisa digunakan untuk menahan penyebaran virus. Dan pemerintah harus belajar dari bagaimana negara mempersiapkan perang.

Perlu ada orang-orang yang sudah terlatih dan siap untuk melawan kuman sebagai "korps medis" cadangan yang mirip dengan tentara cadangan yang dapat diikuti oleh warga sipil. 

Teknologi dapat memainkan peran besar dalam membantu mencegah penyebaran virus. Proliferasi ponsel berarti bahwa warga dapat dengan mudah melaporkan di mana penyakit menyebar dan pemetaan satelit dapat dengan cepat menyusun di mana area masalah berada. Selama krisis Ebola, perusahaan teknologi seperti IBM memberikan kontribusi sistem pelacakan yang memungkinkan pihak berwenang untuk membuat peta rinci wabah berdasarkan pesan teks dari warga.

Sementara kemajuan dalam biologi telah secara drastis memangkas waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan vaksin untuk virus baru


Sudah puluhan tahun ada epidemi mulai dari wabah Ebola lain, epidemi SARS tahun 2003, HIV di tahun 1980-an, pandemi flu di tahun 1968, 1957 atau bahkan 1918.

Kita harusnya mengambil pelajaran yang seharusnya menginformasikan tanggapan terhadap epidemi di masa depan. Karena akan ada epidemi di masa depan. Itu sudah pasti.


Dua tahun kemudian, dia mengatakan hal yang sama di sebuah acara di Davos.  “Cukup mengejutkan betapa sedikitnya kesiapan yang ada untuk itu,” kata Gates pada 2017.


Sumber :
https://koinworks.com/blog/ted-talks-tempat-berbagi-ide-dan-gagasan/
https://id.wikipedia.org/wiki/TED_(konferensi)
https://www.mercurynews.com/2020/03/25/coronavirus-bill-gates-predicted-pandemic-in-2015/
https://www.geekwire.com/2020/bill-gates-warned-us-covid-19-like-pandemic-watch-ted-talk-2015/
https://www.bbc.com/news/technology-31956344
https://www.npr.org/transcripts/468880150
https://www.wired.com/2015/03/ebola-ted/

No comments:

Post a Comment

Related Posts