Saturday, September 26, 2020

Yang Tidak Dipelajari di Sekolah

 


Linear Income 
Lebih dari 90% individu di seluruh dunia terbiasa dengan pendapatan yang disebut Linear Income atau Pendapatan Linear. Oleh karena itu, mereka tidak dan tidak akan pernah mandiri secara finansial. Anda menerima gaji berdasarkan seberapa banyak pekerjaan yang Anda lakukan. Anda harus meluangkan waktu tertentu setiap minggu. Saat Anda berhenti bekerja, penghasilan Anda berhenti. Pendapatan Linear membutuhkan kerja yang berkelanjutan.

 
Residual Income
Merupakan jenis pekerjaan dengan penghasilan paling kuat dan sukses. Banyak orang kaya mendapatkan penghasilan dari sini. Ini memberi penghasilan yang terus datang secara berkala, dari pekerjaan yang telah Anda lakukan - artinya bahkan ketika Anda tidak bekerja, meskipun dalam perjalanannya membutuhkan usaha, tekad, terutama di awal ... dan waktu untuk keajaiban mulai bekerja.



Dari 2 bagian diatas, dapat dipecah lagi menjadi 4 kuadran, yaitu Employee, Self-Employed, Business Owner dan Investor. Mari kita bahas satu persatu:

Employee (Karyawan)
Seseorang yang menghasilkan uang dengan bekerja untuk orang lain atau perusahaan orang lain. Pola pikir karyawan ini merupakan gaya hidup yang terhormat. Namun, sering membuat mereka tidak aman secara finansial terutama jika mereka tidak lihai dalam menabung dan berinvestasi. 

Self-Employed (Wiraswasta)
Seseorang yang menghasilkan uang dengan bekerja untuk dirinya sendiri dari bisnis mereka sendiri. Misalnya sebagai desainer lepas, konsultan bisnis, akuntan keuangan, menjalankan kafe, toko furnitur, atau bisnis e-niaga. Mereka adalah bos mereka sendiri. Meskipun keuntungan finansial bisa lebih besar namun resikonya juga lebih tinggi, jika gagal, mereka berisiko bangkrut.

Business Owner (Pemilik bisnis)
Seseorang yang memiliki bisnis yang menghasilkan uang, namun ini lebih dari sekedar menjadi wiraswasta. Perbedaannya adalah kita memiliki kontrol yang lebih kecil dibandingkan dari wiraswasta, karena kita mendelegasikan tanggung jawab & kepemilikan dengan orang lain. Kita harus bekerja dengan cerdas, bukan keras, untuk sampai ke sini.

Investor
Seseorang yang mendapatkan uang dari berbagai investasinya, yaitu uang yang menghasilkan lebih banyak uang. Ini bukan hanya tentang membeli saham, karena bisa dalam bentuk lain, misalnya reksa dana dan lain-lain. 

Menurut Kiyosaki menjadi pemilik bisnis dan investor adalah jalan menuju keamanan finansial, kenyamanan, dan kekayaan. Kita dapat menyusun bisnis Anda secara cerdas sehingga dapat beroperasi tanpa membutuhkan kita setiap hari (dengan mempekerjakan dan mendelegasikan secara tepat), kita akan memiliki waktu ekstra untuk berpikir secara strategis dan membawa bisnis kita lebih jauh. Atau bahkan punya waktu ekstra untuk keluarga kita.


Sumber :
https://networkingeye.com/2013/09/the-difference-between-linear-income-and-residual-income/
https://bizthoughts.mikelee.org/the-employee-self-employed-business-owner-and-investor.html
https://johannabonnell.wixsite.com/rfbossbabes/single-post/2018/02/16/Linear-Income-vs-Residual-Income-Knowing-the-Difference-Can-Change-Your-Life

No comments:

Post a Comment

Related Posts