Sunday, January 14, 2018

Tembok Konstantinopel

Sebagai warisan dunia tembok yang terkenal di dunia bukan hanya Great Wall of China atau Tembok Raksasa Cina / Tiongkok, tapi masih ada beberapa tembok lainnya. Misalnya Tembok “Aurelian Walls” di Italia, Tembok “Hadrian’s Wall" di Inggris, Tembok “Chester City Walls” di Inggris dan Tembok Konstantinopel di Turki.

Tembok Konstantinopel adalah tembok pertahanan yang mengelilingi kota Konstantinopel di Turki sejak didirikan sebagai ibukota Kekaisaran Romawi Timur saat dikuasai oleh Kaisar Konstantinus yang Agung.

Tembok Konstantinopel hampir tak dapat ditembus selama abad pertengahan sehingga Konstantinopel selamat dari serangan bangsa Avar, Arab, Rus' dan Bulgar. Namun akhirnya, tembok ini tak mampu menahan serangan bangsa Turki pada tanggal 29 Mei 1453 setelah enam minggu pengepungan.


Mega Teichos atau tembok dalam bersentuhan langsung dengan kota yang menjulang dengan tinggi 18-20 meter dengan tebal tembok 5 meter. Sumber lain menyebutkan  dan tembok dalam mempunyai tinggi 40 kaki dan tebal 15 meter. Mikron teichos atau tembok luar. Tembok luar setinggi 25 meter dan tebal 10 meter.

Di belakang tembok pertama, terdapat pemanah yang siap untuk pertarungan jarak dekat. Di tembok kedua, terdapat sejenis alat yang dinamakan sebagai Greek fire. Diantara tembok dalam dan tembok luar terdapat peribolos atau teras selebar 15-20 meter dengan tinggi 5 meter.

Di luar kota masih terdapat parit sedalam 10 meter dan selebar 60 meter.


Sumber :
https://www.ngasih.com/2015/05/02/10-tembok-kuno-bersejarah-yang-patut-kita-kunjungi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Tembok_Konstantinopel
http://sufyanalmujahid.blogspot.co.id/2011/03/dimana-kekuatan-kota-konstantinopel.html
http://sejarahilmu.blogspot.co.id/2014/02/konstantinopel-kota-dengan-pertahanan.html