Tuesday, January 16, 2018

Usus Buntu

Bagaimana rasanya mendengar keponakan yang baru berumur 8 tahun harus berhadapan dengan meja operasi dikarenakan menderita penyakit usus buntu? Sebelumnya aku kira penyakit usus buntu hanya akan diderita oleh orang yang sudah dewasa. Namun ternyata tidak.

Apa itu usus buntu? Lalu apa itu penyakit usus buntu? Apa pula penyebab penyakit usus buntu?

Usus buntu atau pendisitis adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Penyakit usus buntu adalah peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu. Penyakit usus buntu atau apendisitis berpotensi memicu komplikasi yang serius.

Penderita penyakit usus buntu dapat dikenali dengan gejala-gejala yang akan ditimbulkannya, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sakit perut, berawal di perut bagian tengah dengan rasa sakit yang akan datang dan pergi. Beberapa jam kemudian, rasa sakit akan berpindah ke perut kanan bawah (tempat usus buntu berada) sebelum akhirnya bertambah parah dan terus menerus terasa sakit.
  2. Kehilangan nafsu makan.
  3. Perut kembung.
  4. Tidak bisa buang gas.
  5. Mual dan muntah.
  6. Konstipasi atau diare.
  7. Demam.


Penyakit usus buntu belum diketahui penyebab dengan pasti, namun demikian diperkirakan terjadi akibat tersumbatnya ‘pintu masuk’ menuju usus buntu. penyebab itu bermula dari adanya sumbatan yang menghalangi pintu masuk menuju usus buntu tersebut. Sumbatan ini biasanya terjadi karena adanya penumpukan tinja (kotoran dalam tubuh manusia) dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Beberapa jenis makanan penyebab usus buntu meradang secara tidak langsung lantaran sering menyebabkan konstipasi atau sembelit.

  1. Pisang Muda
  2. Permen Karet
  3. Kafein
  4. Gluten
  5. Kesemek
  6. Daging Merah
  7. Produk Olahan Susu
  8. Alkohol
  9. Makanan Cepat Saji
  10. Beberapa Suplemen Makanan


Pencegahan adalah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu kita perlu mencegah penyakit usus buntu. Diantaranya adalah dengan cara sebagai berikut :

  1. Konsumsi makanan yang berserat
  2. Jangan menahan buang air besar
  3. Banyak konsumsi air putih


Sumber :
http://www.alodokter.com/penyakit-usus-buntu
http://www.autoimuncare.com/penyebab-penyakit-usus-buntu-adalah/
https://mediskus.com/penyakit/makanan-penyebab-usus-buntu-meradang
https://halosehat.com/penyakit/usus-buntu/makanan-penyebab-penyakit-usus-buntu