Sunday, January 14, 2018

The Linchpin Theory


Apa yang akan terjadi terhadap ekonomi global saat sentimen ekonomi, politik dan sosial pada semua negara terjadi? Tentunya sangat kompleks. Beberapa peristiwa yang terjadi mungkin tidak terkait secara langsung namun memiliki dampak satu sama lain. Akan sangat sulit untuk menghubungkan penyebab satu peristiwa tunggal dan mencari hubungan yang konkret antara serangkaian peristiwa.

The Linchpin Theory adalah teori tentang bagaimana satu peristiwa kecil dapat menciptakan serangkaian kejadian yang akhirnya menghasilkan memicu peristiwa besar yang lain. Teori Linchpin menguraikan adanya insiden tak terduga dan tidak terulang tertentu yang didefinisikan sebagai X-Events.

Untuk mencegah peristiwa besar ini, maka kita perlu melacak kembali peristiwa kecil sebelumnya yang dapat menyebabkan semua reaksi berantai ini, mirip dengan percobaan permainan Linchpin atau Domino. Berdasarkan The Linchpin Theory maka kita perlu mengidentifikasi seseorang yang menjadi kunci sebagai linchpin.

Contoh kasus : Perang Dunia II
Linchpin & X-Event: Pembunuhan Archduke Ferdinand
Domino Effect : Austria mengumumkan perang terhadap Serbia -> Jerman mengumumkan perang terhadap Prancis -> Jerman menyerang Belgia yang memimpin Inggris berperang -> Austria menyerang Rusia

Contoh kasus : Financial Crisis 2008:
Linchpin & X Event: Kejatuhan Northern Rock, Islandia
Domino Effect : Kejatuhan Bear Sterns -> Lehman Brothers -> JP Morgan Chase -> Morgan Stanley -> Merrill Lynch -> American and global economy

Teori Linchpin ini bisa menjadi cara bagi kita untuk mencegah dampak kompleksitas dan menyeimbangkan keseimbangan dalam ekonomi dunia yang terus berkembang. Teori Linchpin ini juga menjadi landasan terhadap teori konspirasi yang muncul terhadap mekanisme dimana para bankir internasional yang dapat melaksanakan rencana tersebut.

The Linchpin Theory ini juga berkaitan dengan Domino EffectThe Butterfly Effect dan Chaos Theory.


Sumber :
https://www.quora.com/What-is-linchpin-theory-domino-principle
http://edtimes.in/2015/02/linchpin-theory-global-economy-hanging-thread/
http://www.usagold.com/federalreserve.html
http://mashable.com/2010/02/14/seth-godin-linchpin/#HZezuQTQ7qqu
http://geekfurious.blogspot.co.id/2012/02/castle-416-linchpin.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts