Monday, January 15, 2018

Antara Selasar dan Mezanin

selasar di sebuah bangunan Rumah Sakit

Berdasarkan kbbi.kata.web.id arti dari selasar adalah:
se.la.sarNomina (kata benda) (1) serambi atau beranda (ada yang tidak beratap); (2) bagian balai yang terendah tempat rakyat atau pegawai rendah menghadap

Arti kata selasar diatas juga sama jika merujuk web kbbi.co.id/arti-kata dan web kbbi.web.id/selasar. Jadi berdasarkan kamus online diatas selasar memiliki 2 arti, karena selasar adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Berbeda dengan selasar, mezanin pun merupakan hal yang lain, dimana mezanin itu ada di dalam gedung, dan bisa terletak di antara lantai mana saja, namun pada umumnya antara lantai dasar dengan lantai atasnya.

Tidak hanya mezanin dan selasar, balkon pun merupakan hal yang berbeda. Letak perbedaan utama ketiganya adalah posisinya yang menjorok ke luar, terbuka, atau di dalam gedung.

Mezanin di stasiun Bilbao Metro

Mezanin adalah lantai menengah di sebuah bangunan yang sebagian terbuka ke langit-langit lantai di bawahnya setinggi dua lantai, atau tidak meluas secara keseluruhan di atas lantai bangunan. Mezanin berasal dari kata mezzanine yang merupakan kata dari bahasa Italia yaitu mezzo : ditengah. Jadi mezzanine atau mezanin adalah suatu tempat atau ruang tambahan yang letaknya berada di antara lantai dan plafon.


Sumber :
http://kbbi.kata.web.id/selasar/
http://kbbi.co.id/arti-kata/selasar
https://kbbi.web.id/selasar
https://www.apaarti.com/selasar.html
https://tirto.id/perbedaan-istilah-mezanin-dan-selasar-yang-roboh-di-gedung-bei-cDhK
https://id.wikipedia.org/wiki/Mezanin
http://imagebali.net/detail-artikel/332-pengertian-mezzanine-dan-teknik-membuatnya.php
https://en.wikipedia.org/wiki/Mezzanine#/media/File:Estaci%C3%B3n_Metro_Basarrate_004.jpg