Monday, January 29, 2018

Bilyard

Pool vs Snooker

Permainan ini sudah aku kenal sejak umur 4 tahun dengan nama bola sodok. Dan sejak duduk di bangku SD aku kerap bermain permainan bilyard ini.



Pool
Pool atau Pocket Billiard adalah dimainkan di meja dengan 6 buah lubang di tepiannya, dengan ukuran panjang 2,7 meter, 2,4 meter, atau 2,1 meter dengan masing-masing perbandingan 2: 1 dengan lebarnya.

Permainan Pocket Billiard biasanya menggunakan 8 dan 9 bola.

Meja pool berukuran 9 feet adalah permainan bola 8, bola 9, dan bola 10. Sedangkan, untuk meja berukuran 7 feet, biasanya permainan yang dimainkan adalah bola 8 dan bola 15.

Permainan 8 Bola / Eight ball dimainkan oleh dua kelompok dimana setiap kelompok memiliki jatah 7 bola yaitu nomor 1 hingga nomor 7 untuk kelompok pertama dan nomor 9 sampai nomor 15 untuk kelompok kedua. Kelompok yang menang adalah kelompok yang bisa memasukkan bola ke dalam lubang meja billiard dengan jatah dan urutan yang sesuai dengan yang dibagikan.

Permainan Bola Sodok 9 Bola / Nine Ball, para pemain harus memasukkan bola nomer 1 hingga nomor 8 secara bergantian. Kalau salah satu pemain tidak berhasil memasukan salah satu bola maka jatah mainnya langsung diganti oleh pemain lain. Dalam permainan ini juga tidak boleh mengenai bola lain atau yang bukan sasaran dari awal, bila itu terjadi maka dianggap pelanggaran. Bila bola nomor 9 masuk karena pantulan yang kamu lakukan maka kamu dianggap sebagai pemenang.


Snooker 
Sedangkan Snooker adalah permainan dengan meja lebih lebar, bola lebih banyak dan lubang lebih kecil, snooker dimainkan di atas meja dengan 6 lubang 22 bola (1 putih bola, 15 bola merah dan 6 bola warna: kuning, hijau, coklat, biru, pink dan hitam).

Meja snooker ini berukuran 12 feet. Jika lubang meja pool yang standart berukuran kurang lebih 2 bola billiard, untuk jenis snooker lubang yang terdapat pada meja hanya berukuran 1 bola billiard lebih sedikit. Sehingga, akurasi pukulan harus lebih bagus jika ingin bermain snooker.

Dinamakan one pocket karena kamu sudah menentukan lubang mana yang akan kamu gunakan untuk memasukkan delapan bola dari 15 bola yang ada. Bila kamu salah memasukkan bola ke lubang milik lawan kamu, maka itu menjadi keuntungan untuk lawan kamu karena dia dapat poin. Kamu harus fokus dengan lubang billiard kamu sendiri dan apabila kamu salah menarget dan memasukkan bola non-target, bola tersebut harus dikembalikan ke meja lagi.

Olahraga pool itu lebih tidak terorganisir dan peraturannya ngga seketat olahraga snooker, meja yang digunakan untuk pool pun lebih kecil.


Sumber :
https://www.facebook.com/notes/info-penting/perbedaan-carom-billiard-dengan-pocket-billiard-snook-dan-snooker/207791209681842/
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20070611185622AA2vvgz
http://dimaz-naufal.blogspot.co.id/2015/04/jenis-permainan-billiard.html
https://www.anggaputra.com/mengenal-5-jenis-permainan-bola-sodok/